Beranda blog

Pria Tanpa Identitas Ditemukan Tewas Di Pinggir Jalan Hutan Jati Brongkos Blitar

Petugas saat mengidentivikasi jasad orang tanpa identitas yang diketemukan meninggal dunia di pinggiran jalan hutan Brongkos Kecamatan Kesamben Kab Blitar

BERITABLITAR.COM – Seorang tanpa identitas diketemukan meninggal dunia di pinggir jalan hutan jati belakang kios buah dusun Brongkos Desa Siraman Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar. Korban yang diduga Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) ini meninggal, diperkirakan akibat kekurang cairan/dehidrasi.

Kasubag Humas Polres Blitar, Iptu M. Burhanudin mengatakan, kejadian ini pertama kali deketahui saksi Aziz Ridwan (21), warga Jalan A. Yani Kesamben, Jumat (24/5/2019) sekitar pukul 17.30 WIB.

“Saat itu saksi sedang duduk di depan kios pojok dusun Brongkos Desa Siraman, dihampiri orang yang melintas dan menginformasikan jika ada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) sedang tergeletak di pinggir jalan sebelah Selatan kios pojok menuju hutan Brongkos,” kata Burhanudin, Sabtu, (25/5/2019).

Lebih lanjut Burhanudin menyampaikan, selanjutnya orang yang melintas tersebut meminta saksi untuk memeriksa ODGJ yang tergeletak di pinggir jalan hutan Brongkos tersebut.

“Setelah dicek ternyata korban sudah tidak bergerak sama sekali. Kemudian saksi memanggil warga untuk memastikan kondisi korban. Ternyata korban sudah tidak bernyawa. Selanjutnya kejadian ini dilaporkan ke Polsek Kesamben,” jelasnya.

Diduga penyebab kematian korban karena sakit/dehidrasi. Selanjutnya jenasah korban dibawa ke RS Ngudi Waluyo untuk dimintakan visum luar. Hasil visum luar, petugas tidak menemukan luka-luka pada tubuh korban. (Fajar AT)

Kapolres Blitar Kota Pimpin Cek Kelaikan Kendaraan Dan Test Urine Di Terminal Patria

Petugas gabungan menggelar kegiatan cek kelaikan jalan angkutan umum maupun angkutan lainnya dan tes urine, serta pemeriksaan kesehatan meliputi tensi darah, kolesterol, dan gula darah di Terminal Patria.

BERITABLITAR.COM – Mendekati arus mudik hari raya Idul Fitri 1440 H, Polres Blitar Kota bersama Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan Kota Blitar, serta pengelola terminal Patria menggelar kegiatan cek kelaikan jalan angkutan umum maupun angkutan lainnya dan tes urine, serta pemeriksaan kesehatan meliputi tensi darah, kolesterol, dan gula darah di Terminal Patria, Jumat (24/5/2019).

Dalam operasi gabungan ini, petugas selain melakukan tes urine kepada puluhan sopir bus, kendaraan umum dan angkutan barang, petugas juga memeriksa kelaikan kendaraan tersebut. Dari 80 sopir yang diperiksa hasilnya negatif, namun hasil tes kesehatan diketahui sekitar 40 persen lebih mengalami tekanan darah tingi dan kolesterol.

Tujuan cek kelaikan jalan angkutan umum maupun angkutan lainnya dan pemeriksaan kesehatan kepada para sopir ini adalah untuk memastikan kesiapan angkutan lebaran kelaikan kendaraan. Selain itu memastikan juga bahwa kondisi kesehatan para awak kendaraan itu dalam kondisi yang baik, tidak terpengaruh zat-zat adetif narkotika, juga kesehatan dalamnya bagus seperti kolesterol, jantung, tekanan darah dan sebagainya.

“Ini upaya kita bersama untuk menjamin keselamatan dalam kegiatan pengamanan arus mudik dan balik Idul Fitri, khususnya di wilayah hukum Polres Blitar Kota,” kata Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Negara Siregar mengatakan, disela-sela operasi gabungan, Jumat (24/5/2019).

Lebih lanjut Adewira menyampaikan, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap menjelang kegiatan-kegiatan besar yang dilakukan masyarakat. Diharapkan semoga kegiatan ini bisa membawa manfaat yaitu kesiapan kendaraan untuk meminimalitas kecelakaan lalu lintas dan para pengemudi, para awak kendaraan kondisinya fit.

“Sehingga ketika menjalankan tugasnya, melayani masyarakat untuk mengantarkan dari satu tempat ke tempat yang lain dalam kondis yang fit. Dengan demikian kecelakaan bisa diminimalisir dan otomatis kegiatan arus mudik dan arus balik bisa berjalan dengan baik, sehingga semuanya selamat, lancar tidak ada masalah yang berarti,” jelas Kapolres Blitar Kota.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar, M Muchlis mengatakan, hasl tes urine negatif. Namun untuk hasil pemeriksaan kesehatan, justru rata-rata para sopir mengalami penyakit darah tinggi dan kolesterol.

“Dari 80 sopir yang diperiksa hasilnya negatif, namun dari hasil tes kesehatan diketahui sekitar 40 persen lebih mereka mengalami tekanan darah tingi dan kolesterol. Mereka kami sarankan harus rutin berobat agar tensi darahnya turun,” kata M. Muchlis. (Fajar AT).

Jelang Lebaran, Jumlah Armada Bus Antar Kota di Terminal Patria Bertambah

Jumlah armada bus di terminal Patria Kota Blitar meningkat menjelang hari raya Idul Fitri

BERITABLITAR.COM – Menjelang hari raya Idul Fitri, sejumlah persiapan telah dilakukan Dinas Perhubungan Kota Blitar. Diantaranya kesiapan armada bus angkutan umum, yang dipastikan jumlah armada bus antar kota bertambah .

Kepala Dinas Perhubungan Kota Blitar, Priyo Suhartono mengatakan, ada penambahan armada bus antar kota pada angkutan lebaran tahun ini. Priyo menyebut, pada Maret dan April lalu ada penambahan armada bus non ekonomi Blitar Surabaya lewat tol panjang sebanyak 27 bus. Selain itu, ada tambahan lagi bus non ekonomi dari Blitar ke Arjosari Malang sebanyak 15 bus.

“Jadi Maret dan April, ada tambahan puluhan armada bus antar kota,” kata Priyo Suhartono, Jumat (24/05/2019).

Lebih lanjut Priyo menuturkan, penambahan arnada bus antar kota ini akan menambah kekuatan angkutan umum di Blitar. Karena dengan adanya tol dan jalan yang sudah diperbaiki, membuat geliat angkutan umum antar kota sedikit meningkat.

“Sekarang jalan tol sudah bisa dimanfaatkan. Selain itu, kondisi jalan juga membaik. Ini membuat gairah angkutan umum juga meningkat,” ujarnya.

Priyo mengaku, jika pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan pihak terminal terkait kelayakan bus umum yang beroperasi. Dengan demikian, diharapkan angkutan lebaran tahun ini juga berjalan lancar. (Fajar AT)

Ijin Belum Lengkap, Dinas PMPTSP Perintahkan Satpol PP Pantau Kegiatan Blitar Park

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Blitar, Rully Wahyu

BERITABLITAR.COM – Meski belum memiliki ijin lengkap, wisata Blitar Park yang berada di dusun Ngranggan Desa Pojok Kecamatan Garum Kabupaten Blitar, masih terus beroperasi. Belum lengkapnya ijin tempat wisata baru di Blitar tersebut dibenarkan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Blitar, Rully Wahyu.

Rully Wahyu menyebut, Blitar Park sudah melakukan pendaftaran perijinan melalui system pelayanan perijinan secara integrase online yaitu OSS (Online Single Submission) pada bulan Maret 2019 lalu. Dengan pendaftaran melalui OSS ini, Blitar Park mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB).

“NIB itu berlaku sebagai tanda daftar perusahaan, sebagai ijin pendaftaran investasi. Atau kalau dulu kita kenal sebagai ijin ptinsip,” kata Rully Wahyu saat ditemui di kantornya, Jumat (24/5/2019).

Lebih lanjut Rully menyampaikan, selain mendapatkan NIB, Blitar Park juga mendapatkan ijin lokasi dengan komitmen. Kemudian juga mendapatkan Ijin Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP).

“TDUP ini belum berlaku efektif, artinya harus ada pemenuhan komitmen yang harus dipenuhi oleh Blitar Park, yaitu berupa pemenuhan UKL, UPL atau dokumen lingkungan dan juga Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). Saat ini dia masih tahap proses untuk memenuhi komitmen itu,” ujarnya.

Rully menandaskan, dengan adanya berita lounching Blitar Park tersebut, pihaknya  telah menyampaikan kepada Blitar Park secara langsung maupun tertulis, bahwa apa saja yang boleh dilakukan setelah memiliki ijin usaha melalui OSS ini.

“Ijin melalui OSS yang diperbolehkan sesuai pasal 38 PP 24 tahun 2018, diantaranya perolehan sarana prasarana, rekrutmen SDM,” tamdasnya.

Menurut Rully, selama proses melengkapi persyaratan tersebut, pihak Blitar Park tidak diperkenankan untuk beroperasi. Pihaknya juga telah menembusi Satpol PP untuk melakukan tindakan.

“Untuk penindakan kami serahkan kepada Satpol PP. Kemarin Satpol PP sudah kami tembusi, ijin OSS yang dimilik itu, apa saja yang boleh dilakukan. Insyaallah Satpol PP sudah konfirmasi dengan pihak Blitar Park,” ujarnya.

Rully menambahkan, kalau secara aturan Blitar Park tidak boleh beroperasi, namun karena Satgas Percepatan Berusaha bertugas mengawal investasi bisa berjalan dengan baik, maka diperbolehkan untuk uji coba.

Diberitakan sebelumnya Wisata Blitar Park yang sudah beroperasi mulai 20 Mei 2019 kemarin, menuai banyak komentar dari berbagai kalangan. Pada umumnya menuoal terkait perijinan yang belum lengkap

Sementara itu, General Manager (GM) wisata Blitar Park, Cicik membantah jika pihaknya belum mengantongi perijinan.

“Kami sudah mengajukan ijin itu semua, namun memang semua butuh proses. Paling Jumat pekan depan semua ijin sudah selesai. Kami akui, kami masih butuh masukan dan saran untuk bahan pertimbangan kami ke depan,” kata Cicik. (Fajar AT)

Jualan Bahan Peledak, Emak-emak Di Blitar Diamankan Polisi

Erna Fitriyah, pemilik bahan peledak 3 kilogram yang diperjual belikan bersama barang bukti

BERITABLITAR.COM – Satreskrim Polres Blitar berhasil mengamankan Erna Fitriyah, warga Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, lantaran kedapatan memperjual belikan tiga kilogram bahan peledak. Bahan peledak itu rencananya akan dijual sebagai bahan baku petasan.

Erna diamankan setelah polisi menerima laporan warga, jika di rumahnya sering menjual bahan peledak untuk petasan. Saat dilakukan penggledahan, petugas menemukan sebanyak 3 kilogram bubuk petasan serta tiga bendel sumbu petasan.

“Saat penggeledahan kami menemukan barang bukti tiga bendel sumbu mercon dan tiga kilogram bubuk peledak,” kata Kasatreskrim Polres Blitar AKP Sodik Efendi, Jumat (24/5/2019).

Lebih lanjut Kasat Reskrim Polres Blitar menyampaikan, di depan petugas, Erna mengaku mendapatkan bahan peledak itu dari Lely Handono, warga Desa Plosoarang, Kecamatan Sanankulon.

“Berbekal informasi ini polisi kemudian mengeledah rumah Lely namun tidak menemukan bahan peledak ataupun bahan lain untuk petasan. Saat kami tanya, Lely mengaku jika yang dijual ke Erna itu stok tahun lalu,” ujarnya.

Akibat perbuatannya karena terbukti menjual bahan peledak, keduanya dijerat Pasal 1 ayat ( 1 ) UU Darurat RI. No. 12 Tahun 1951, dengan ancaman antara 12 sampai 20 tahun hukuman penjara. (Fajar AT)

Plt Wali Kota Blitar Buka Pasar Ramadhan

Plt. Wali Kota Blitar, Santoso membuka pasar Ramadhan di Timur Kantor Wali Kota Blitar (Jalan Kenanga)

BERITABLITAR.COM – Plt. Wali Kota Blitar, Santoso membuka pasar Ramadhan di Timur Kantor Wali Kota Blitar (Jalan Kenanga), Kamis (23/5/2019). Pasar yang digelar rutin setiap tahun di bulan Ramadhan oleh Pemerintah Kota Blitar ini, rencananya dilakukan mulai 23 Mei 2019 hin

Dalam sambutanya, Plt Walikota Blitar, Santoso mengatakan, pasar rakyat Ramadhan ini digelar untuk  memberi kesempatan pelaku UKM untuk mempromosikan dan menjual produknya. Ia juga ingin warga Kota Blitar bisa berbelanja kebutuhan dengan harga murah dan terjangkau. Melalui acara ini pihaknya berharap roda perekonomian di Kota Blitar dapat berputar lebih cepat, utamanya menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Setiap tahun saat bulan Ramadhan tiba selalu diadakan pasar rakyat Ramadhan seperti ini. Tujuan kita selain memberikan ruang pasar kepada penggiat UKM Kota Blitar, juga agar warga Kota Blitar bisa berbelanja kebutuhan dengan harga terjangkau. Yang berjualan semoga laris, yang membeli mendapatkan harga murah. Inilah cerminan One For All All Gor One,” kata Santoso, Kamis (23/5/2019).

Lebih lanjut Santoso menyampaikan, pasar Rakyat Ramadhan ini buka mulai pukul 15.00 WIB  sampai pukul 22.00 WIB bertempat di sepanjang jalan Kenanga Kota Blitar. Warga bisa berbelanja aneka masakan rakyat, jajanan lebaran, sembako murah, kerajinan tangan, batik, pakaian dan aksesoris.

“Ini juga sebagai salah satu upaya Pemkot Blitar untuk menyemarakan Ramadhan sekaligus berbagi kebahagiaan bersama warga Kota Blitar,” jelasnya.

Santoso menandaskan, kegiatan ini tidak hanya sebagai media promosi, namun juga untuk mendorong, merangsang dan memelihara aktivitas usaha terutama dalam pendayagunaan potensi Kota Blitar.

“Kegiatan ini sangat selaras dengan visi APBD pro rakyat dan bentul realisasi dari semangat rukun agawe santoso,” tandasnya.

Santoso menyebut, selain UMKM Pemkot Blitar juga bekerjasama dengan beberapa bank untuk penukaran uang baru. Sehingga diharapkan masyarakat busa memanfaatkan kesempatan penukaran uang baru ini.

Pada kesempatan tersebut, Santoso juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan Pasar Rakyat Ramadhan ini. Kegiatan ini diharapkan mampu memberi manfaat positif kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Blitar, Teteng Rukmocondrono mengungkapkan, pada pasar Ramadhan kali ini ada sekitar 50 stand disepanjang jalan kenanga. Menurutnya, kegiatan ini juga untuk menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi.

“Hari ini lima mobil partisipan bank untuk penukaran uang baru. Diantaranya bak jatim, BRI, BNI, BCA, dan Bank Indonesia cabang Kediri. Kalau bahan pokok, kita menghendaki utamanya dari Bulog. Jadi harganya nanti akan dibawah pasaran,” ujar Teteng Rukmocondrono. (Fajar At/hms)

Kedapatan Simpan dan Edarkan Bahan Peledak, Pemuda di Blitar Dibui

Alwi Safiurrohman (21), warga Desa Kedawung Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, pemilik 2 kilogram bahan peledak dan diperjual belikan kepada siapapun yang berminat

BERITABLITAR.COM – Satreskrim Polres Blitar Kota mengamankan Alwi Safiurrohman (21), warga Desa Kedawung Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Dia diamankan lantaran kedapatan memiliki 2 kilogram bahan peledak dan diperjual belikan kepada siapapun yang berminat.

Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Negara Siregar mengatakan, pelaku diamankan petugas di tempat kerjanya dan langsung melakukan penggledahan di rumah pelaku. Saat menggeledah rumah pelaku polisi menemukan bahan peledak yang tersimpan dalam wadah plastik siap jual. Penangkapan tersebut berawal dari informasi masyarakat.

“Dari keterangan pelaku, dia mendapatkan bahan peledak ini dari orang lain yang saat ini masih dalam pengejaran kepolisian,” kata AKBP Adewira Negara Siregar, Kamis (23/5/2019).

Lebih lanjut Adwira menyampaikan, selain bahan peledak, polisi juga mengamankan 30 sumbu mercon. Serta gulungan kertas yang diduga akan digunakan untuk membungkus bahan peledak menjadi mercon. Selain pelaku dan barang bukti bahan peledak, polisi juga mengamankan sebuah handphone yang digunakan untuk bertransaksi.

“Akibat perbutannya, tersangka kami jerat dengan pasal 1 Undang-undang Darurat Nomor 12 tahun 1951,” pungkas Kapolres Blitar Kota. (Fajr AT)

Bupati Blitar Hadiri Pemberian Bantuan Truk Kepada Peternak Ayam

Penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) ke Klaster Telur Atas RAS di Kabupaten Blitar kepada koperasi Putra Blitar di Desa Dadaplangu Kecamatan Ponggok

BERITABLITAR.COM – Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM menghadiri kunjungan kerja dan penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) ke Klaster Telur Atas RAS di Kabupaten Blitar kepada koperasi Putra Blitar di Desa Dadaplangu Kecamatan Ponggok, Rabu (22/05/2019).

Selain Bupati Blitar, Asisten Perekonomian, peternak ayam, pihak Bank Indonesia (BI), acara tersebut juga dihadiri seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian dan Pangan, serta Dinas Peternakan dan Perikanan. Sementara bantuan yang diberikan dari BI berupa sebuah truk.

Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM dalam sabutannya berpesan kepada seluruh peternak ayam petelur yang tergabung dalam koperasi Putra Blitar untuk menjaga dan memelihara bantuan tersebut. Selain itu, Bupati juga berharap, bantuan itu bisa menjadi motivasi bagi peternak untuk terus berkembang.

“Pemberian bantuan ini harus dirawat dengan baik. Jadikan ini aset koperasi. Kalau bisa, kedepan ada penambahan truk-truk lagi dari penghasilan koperasi sendiri,” kata Rijanto.

Lebih lanjut Bupati menuturkan, dengan adanya bantuan ini menunjukkan turun tangan pemerintah melalui Bank Indonesia. Menurutnya, banyak peternak ayam di Kabupaten Blitar ini tergolong kecil. Sehingga terkadang banyak permasalahan yang dihadapi, terutama terkait modal.

“Disini peran Bank Indonesia untuk mendukung peternak ayam kecil sangat penting. Kita tahu, saat harga pakan naik dan telur justru turun, peternak ayam kecil banyak yang gulung tikar. Makanya lewat koperasi dan peran dari BI, diharapkan bisa menjamin kelangsungan usaha mereka,” jelasnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini menambahkan, Kabupaten Blitar merupakan salah satu pemasok telur terbesar di Indonesia, dimana perhari mampu memprodukai 450 ton telur. Sehingga pihaknya bersama BI memastikan akan terus memberikan pendampingan kepada peternak ayam petelur.

“Alhamdulillah berkat dukungan kita semua, sudah bekerjasama dengam beberapa daerah untuk memasok telur, sepertinke DKI Jakarta dan Tasikmalaya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Jawa Timur, Difi A Johansyah mengatakan, sejak tahun 2018 sudah mulai bekerjasama dengan peternak ayam petelur di Kabupaten Blitar. Karena merupakan salah satu produksi telur terbesar secara nasional yang sangat berpengaruh terhadap inflasi.

Lebih lanjut Difi menyampaikan, setelah melihat perkembangannya pihaknya menyambungkan dengan produsen jagung. Dimana jagung sangat penting bagi peternak ayam sebagai bahan pakan ayam.

“Saat ini kita ingin melancarkan kegiatan distribusi, makanya kita berikan bantuan truk ini. Meski ini bukan truk baru, tapi kita pastikan masih layak dipakai. Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Koperasi Putra Blitar, Sukarman mengatakan, BI sudah memberikan dukungan dan bantuan untuk peternak ayam di Blitar. Sejumlah batuan yang sudah diberikan diantaranya alat kantor, biaya pengiriman telur ke DKI Jakarta, serta pendampingan peningkatan kelembagaan.

“Semoga dengan pemberian bantuan truk ini bisa memperlancar diatribusi telur dari Kabupatem Blitar,” tandas Sukarman. (Fajar AT/hms)

Satlantas Polres Blitar Gandeng BNN Dan Dishub Kab Blitar Lakukan Ramp Check Dan Test Urine

Petugas gabungan dari Satlantas Polres Blitar, BNN dan Dishub Kabupaten Blitar melakukan ramp check pada kendaraan angkutan barang dan penumpang, dan melakukan tes urine kepada para sopir

BERITABLITAR.COM – Menjelang arus mudik, petugas gabungan dari Satlantas Polres Blitar, BNN dan Dishub Kabupaten Blitar  menggelar operasi gabungan, Rabu (22/5/2019). Semua kendaraan angkutan barang dan penumpang dimasukan ke areal jembatan timbang, Talun Blitar.

Kasatlantas Polres Blitar, AKP Muhammad Amirul Hakim mengatakan, dalam operasi gabungan ini, Satlantas Polres Blitar bertugas memberhentikan kedaraan angkutan dan penumpang serta membeikan sosialisasi. Kemudian petugas dari Dishub Kabupaten Blitar melakukan ramp check pada kendaraan angkutan barang dan penumpang. Sedangkan kepada sopir dilakukan test urine oleh BNN Kabupaten Blitar.

“Dilakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan dan test urine terhadap sopir ini, bertujuan untuk menekan angka kecelakaan utamanya menjelang arus mudik. Karena salah satu faktor kecelakaan adalah human eror,” kata AKP Amirul Hakim disela-sela operasi gabungan, Rabu (2/5/2019).

Dari 35 sopir yang megikuti test urine, petugas tidak menemukan satupun yang terdeteksi mengkonsumsi narkoba. Namun untuk hasil ramp check, petugas mendapati truk pengangkut tebu yang remnya kurang berfungsi maksimal.

“Test urine Alhamdulillah negatif semua. Tapi ada dua truk pengangkut tebu yang remnya kurang berfungsi maksimal,” pungkas Amirul Hakim.

Sementara Kepala BNN Kabupaten Blitar, AKBP Agustyanto mengatakan, pihaknya tidak tebang pilih dalam melakukan test urine. Semua sopir ditest urine untuk memastikan mereka tidak mengkonsumsi narkoba, yang bisa mengakibatkan kecelakaan yang berakibat fatal.

“Semua sama kita test urine. Baik itu sopir angkutan barang angkutan penumpang, maupun sopir mobil box. Ini adalah kewajiban kami untuk memastikan tidak ada sopir yang mengkonsumsi narkoba sehingga berakibat kecelakaan di musim mudik,” tandas AKBP Agustyanto. (Fajar AT)

Bupati Blitar Buka Bersama Tokoh Agama dan Tokoh Masyarkat

Tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kabupaten Blitar buka bersama Bupati Blitar Pendopo Ronggo Hadi Negoro

BERITABLITAR.COM – Bupati Blitar buka bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat se Kabupaten Blitar di Pendopo Ronggo Hadi Negoro (RHN), Selasa (21/05/2019). Acara tersebut juga dihadiri seluruh OPD se-Kabupaten Blitar, Kapolres Blitar dan Kapolres Blitar Kota, Dandim 0808, serta Wadanyon 511 juga ikut hadir dalam buka bersama tersebut.

Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM dalam sambutannya mengatakan, bangsa Indonesia telah berhasil dan sukses melaksanakan Pemilu 2019. Pemilu yang baru pertama kali dilakukan ini merupakan pemilu yang paling rumit dan berat.

“Kita patut bersyukur, pemilu berjalan lancar, aman dan sukses. Mudah-mudahan bisa menjadi contoh berdemokrasi yang baik dan diterima semua pihak,” kata Rijanto.

Selain itu, Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada penyelenggara sampai tingkat bawah. Ada lima petugas pemilu yang meninggal dunia karena kelelahan, yakni 2 linmas, dan 4 KPPS. Menurut Bupati, mereka adalah pahlawan demokrasi yang luar biasa.

“Kita juga ucapkan terimakasih kepada jajaran keamanan yang siang dan malam terus mengamankan Pemilu. Semuanya juga tidak lepas dukungan tokoh agama dan masyarakat. Termasuk pendukung pasanga  01 maupun 02. Sehingga pemilu berjalan kondusif,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, dalam pelaksanaan pemilu harus menghormati proses-proses yang telah dilakukan pemerintah, dimana semua sudah diatur sesuai ketentuan yang ada. Dirinya berpesan dan meminta kepada maayarakat tidak ke Jakarta kalau hanya untuk melakukan people power.

“Kita harus menghormati ketentuan yang ada demi bangsa. Pelihara sebaik-baiknya kebersamaan ulama dan tokoh masyarakat yang sudah baik. Harapannya, apa yang sudah diputuskan oleh rakyat melalui pemilu bisa menghantarkan masyarakat yang semakin sejahtera,” tandasnya.

Menurut Bupati, kebersamaan di Kabupaten Blitar sangat luar biasa. Dengan meomentum yang baik ini, maka pihaknya sepakat memelihara keamanan dan bekerja bersama bahu membahu mewujudkan Kabupaten Blitar yang semakin maju, sejahtera, dan berdaya saing.

“Selama ini sudah banyak yang dilakukan agar Kabupaten Blitar semakin luar biasa. Banyak investor sudah berdatangan. Kita juga memberikan pelayanan yang baik. Dengan masuknya investor, maka akan semakin maju dan perekonomian semakin baik. Masyarakat juga semakin makmur dan bisa merasakan dampak pembangunan dari Pemerintah Daerah,” imbuhnya.

Kegiatan buka bersama tersebut diawali dengan pemberian penghargaan kepada keluarga petugas pemilu 2019 yang meninggal dunia oleh Bupati Blitar. Kemidian dilanjutkan kultum dari KH Zamroji. (Fajar AT/hms)

Cuaca Hari Ini

Blitar, ID
light rain
27.7 ° C
27.7 °
27.7 °
77 %
4.4kmh
61 %
Ming
25 °
Sen
31 °
Sel
32 °
Rab
31 °
Kam
31 °

Berita Terpopuler