Salah satu bangunan di Blitar rusak akibat gempa Malang

BERITABLITAR.COM – Wilayah Blitar Raya yang meliputi Kabupaten dan Kota Blitar tercatat 369 bangunan rusak. Ini akibat gempa 6.1 skala richter yang terjadi di Malang, Sabtu (10/4/2021) kemarin, Kerusakan paling parah terjadi di wilayah Kabupaten Blitar dengan total bangunan yang terdampak sebanyak 344. Sedangkan di Kota Blitar bangunan yang rusak sebanyak 25 bangunan.

Kepala BPBD Kabupaten Blitar Ahmad Cholik mengatakan, kecamatan yang paling banyak terdampak adalah Kecamatan Wates yang berada di pesisir Selatan Kabupaten Blitar. Karena daerah tersebut, yang paling dekat dengan pusat gempa bumi di 90 kilometer  Barat Daya Kabupaten Malang dengan kedalaman 25 kilometer. Sedangkan dari 344 bangunan, ada 9 bangunan yang masuk kategori rusak berat, 86 rusak sedang dan 249 rusak ringan.

“Akibat kerusakan dari 344  bangunan ini, estimasi kerugian sekitar Rp 1,3 miliar,” kata Achmad Cholik, Minggu (11/4/2021).

Lebih lanjut Cholik menyampaikan, selain kerusakan bangunan juga ada 11 warga yang dilaporkan mengalami luka-luka. Semua luka ringan dan sudah menjalani perawatan.

“Mereka rata-rata mengalami luka karena terkena runtuhan bangunan,” jelasnya.

Sementara Kepala Bakesbangpol dan PBD Kota Blitar, Hakim Sisworo menyebut, di Kota Blitar 25 bangunan yang rusak diantaranya, 14 rumah warga, 1 ruangan di RSUD Mardi Waluyo, 3 tempat ibadah dan 2 gedung perkantoran. Dengan total kerugian mencapai Rp 235 juta.

“Pagi tadi kami bersama TNI dan Polri langsung melakukan kerja bakti membersihkan bangunan yang terdampak. Estimasi kerugian Rp 235 juta. Selain itu juga tercatat 2 orang luka-luka., namun sudah mendapat penanganan karena hanya luka ringan,” ujar Hakim Sisworo. (Fajar AT)

Bupati Blitar Cek Lokasi Paling Terdampak Gempa di Blitar Selatan
Gempa Bumi Malang Akibatkan, 200 Lebih Rumah Warga di Blitar Rusak, 11 Orang Luka-luka
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.