Petugas melakukan tes swab antigen kepada salah satu wartawan Blitar Raya

BERITABLITAR.COM – Dalam memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke-72, Polres Blitar bersama wartawan mengajak masyarakat untuk mengikuti tes cepat swab antigen. Kegiatan tersebut dilakanakan di pertigaan jembatan Kademangan, Selasa (9/2/2021).

Nampak pengendara yang sedang melintas dari arah Tulungagung menuju Blitar dihentikan secara acak untuk diberi masker, kemudian diarahkan ke tenda yang telah disediakan untuk dilakukan tes swab antigen. Dari 35 pengguna jalan yang melakukan tes swab antigen, diketahui 1 orang positif. Selanjutnya 1 orang yang positif langsung dibawa ke RSUD Mardi Waluyo untuk melakukan tes swab PCR.

Kapolres Blitar, AKBP Leonard M Sinambela mengatakan, tes cepat antigen ini merupakan yang kedua kalinya digelar Polres Blitar. Sebelumnya Polres Blitar menggelar tes swab antigen ini pada Sabtu 6 Februari 2020 lalu, di Kecamatan Kanigoro yang berstatus zona hitam penularan Covid-19 di Kabupaten Blitar. Sementara tes kedua digelar di pertigaan jembatan Kademangan yang merupakan jalur utama penghubung Kabupaten Blitar dengan Kabupaten Tulungagung.

“Dalam rangka memperingati HPN di tengah pandemi Covid-19, kami bersama teman-teman wartawan melakukan kegiatan yang sifatnya mengedukasi masyarakat. Kami membagikan masker sekaligus melakukan tes cepat antigen bagi para pengendara yang melintas,” kata AKBP Leonard M Sinambela.

Lebih lanjut Leonard menjelaskan, kegiatan tes cepat antigen ini dilakukan agar masyarakat paham bahwa kegiatan pemeriksaan dibutuhkan untuk mengetahui kondisi kesehatan secara personal.

“Kita memberikan edukasi, bahwa kecepatan mendeteksi terhadap diri secara personal itu penting,” ujarnya.

Sementara Ketua PWI Blitar Raya, Irfan Anshori mengatakan, pada momen HPN ini, pers diharapkan mampu membantu peran pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19. Dengan memberikan informasi dan edukasi soal pencegahan penularan Covid-19.

“Kami berharap kedepan pers diharapkan mampu menjadi corong pemerintah dalam mengatasi pandemi dengan mengedukasi masyarakat. Sehingga dapat menekan penularan Covid-19 di daerahnya masing-masing,” jelasnya. (Fajar AT)

248 Kampung Tangguh Semeru Di Tiap Desa/ Kelurahan, Dukung PPKM Mikro
PWI Blitar Raya Bagi Masker Sambil Kampanyekan Donor Plasma Konvalesen
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.