Kantor Pengadilan Agama Blitar

BERITABLITAR.COM  – Selama masa pandemi Covid-19, pengajuan dispensasi menikah di Pengadilan Agama Blitar naik tiga kali lipat. Kenaikan tersebut terhitung setahun selama 2020.

Tahun 2020  Pengadilan Agama Blitar menerima permohonan dispensasi menikah sebanyak 636 perkara. Jumlah tersebut mengalami peningkatan, jika dibandingkan dengan tahun 2019 yang hanya ada 245 perkara.

Di tahun 2020 ini Pengadilan Agama Blita memutus 654 perkara, yang terdiri 626 permohonan di tahun 2020 dan 28 tunggakan permohonan di tahun 2019. Sementara di tahun 2021 ini, masih memiliki 10 permohonan dispensasi menikah yang belum diselesaikan di tahun 2020.

Panitera muda hukum Pengadilan Agama Blitar, Nurkholis Ahwan mengatakan, kenaikan permohonan dispensasi nikah ini bukan karena hamil di luar nikah.

“Kasus kehamilan di luar pernikahan di Blitar jumlahnya tidak sampai 20 persen,” kata Nurkholis Ahwan, Senin (8/2/2021).

Lebih lanjut Nurkholis menjelaskan, alasan utama pengajuan dispensasi nikah adalah karena adanya revisi Undang-undang Perkawinan dari yang semula batas usia 16 tahun untuk calon istri dan 19 tahun untuk calon suami. Kini keduanya harus sama-sama berusia 19 tahun.

“Alasan utamanya karena adanya revisi Undang-undang Perkawinan. Kalau dulu calon istri 16 tahun dan calon suami 19 tahun. Tapi sekarang menurut UU 16 tahun 2019, calon suami dan istri menjadi 19 tahun. Kemudian karena adanya pembatasan usia itu kadang orang tua khawatir karena anaknya sudah menjalin hubungan sehingga mereka mengajukan dispensasi,” paparnya.

Nurkholis menambahkan, jika pasangan yang menikah usianya kurang dari 19 tahun, maka diwajibkan menyertakan alasan dan bukti pendukung yang kuat. 

“Permohonan dispensasi nikah ini akan dikabulkan oleh Pengadilan Agama Blitar setelah dipertimbangkan antara manfaat dan mudharatnya,” pungkas Panitera muda hukum Pengadilan Agama Blitar. (Fajat AT)

Pelaksanaan PPKM Mikro, Seluruh Desa dan Kelurahan Di Blitar Bakal Ada Kampung Tangguh
Pria Asal Sanankulon Blitar Tewas di Sungai, Akibat Tersengat Alat Setrum Ikan
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.