Kepala BNN Kabupaten Blitar, AKBP Bagus Hari Cahyono

Beritablitar.com – Selama tahun 2020, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Blitar merehabilitasi 13 pecandu narkoba. Hal ini diungkapkan Kepala BNN Kabupaten Blitar, AKBP Bagus Hari Cahyono saat menyampaikan hasil kinerjanya selama tahun 2020 kepada wartawan, Rabu (16/12/2020).

Bagus Hari Cahyono menyebut, dari13 orang tersebut, 10 dirawat jalan BNN Kabupaten Blitar karena tingkat kecanduannya sedang. Sedangkan 3 orang dirujuk ke RSJ Lawang Malang untuk mendapatkan perawatan karena tingkat kecanduannya masuk kategori berat.

“Kami menerima permintaan sebanyak 13 layanan rehabilitasi. Dari 13, yang dirawat di BNN ada 10 orang. Kemudian 3 orang kita rujuk ke RSJ Lawang Malang,” kata Bagus Hari Cahyono.

Lebih lanjut Bagus menyampaikan, dari 13 orang tersebut, 4 merupakan limpahan dari Polres. Sementara 9  orang datang sendiri dengan tujuan agar dirinya direhabilitasi.

“Harapan kita kalau memang ada keluarga yang terkena narkoba  bisa disampaikan ke kita karena kami akan mengobati. Kalau kecanduannya ringan kita tangani disini. Kalau kecanduannya berat akan kita rujuk ke rawat inap ke RSJ Lawang Malang dan di Bogor,” ujarnya. 

Bagus menambahkan, jika dibandingkan tahun 2019, ada penurunan jumlah pecandu yang direhabilitasi. Dimana pada 2019 lalu BNN Kabupaten Blitar merehabilitasi 56 pecandu. 

“Tahun 2019 lalu ada 56 yang kami rehab. Mungkin karena adanya pandemi Covid 13 jadi berkurang. Namun dari 13 itu yang melaporkan diri sendiri ada 9. Kalau dulu  lebih banyak yang dari Polres,” tegasnya.

Kepala BNN Kabupaten Blitar mengaku, selama setahun ini pihaknya berhasil mengungkap dua kasus peredaran narkoba. Dengan barang bukti 7,79 gram sabu. Dari ungkap kasus tersebut berhasil diamankan 2 tersangka.

“Target kami cuma satu, namun kami berhasil mengungkap dua kasus,” pungkas Kepala BNN Kabupaten Blitar. (Fajar)

Anggota Komisi IV DPRD RI Dapil Jatim VI Jaring Aspirasi Petani dan Nelayan Blitar
Mak Rini - Makdhe Rahmat Kalahkan Petahana di Pilbup Blitar
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.