BERITABLITAR.COM – Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Blitar Rijanto – Parhaenis Urip Widodo (RIDO) resmi mendaftar di KPU Kabupaten Blitar, Jumat (4/9/2020). Pasangan petahana ini diusung 6 partai, yaitu PDIP, Gerindra, Golkar, Demokrat, Nasdem dan PPP.

Sebelum mendaftar ke KPU Kabupaten Blitar, pasangan petahana Rijanto – Marhaenis Urip Widodo (RIDO) menggelar deklarasi di Posko Pemenangan dekat Taman Sukarni, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar Jumat(4/9/2020) siang sekitar jam 13.30 WIB. Dalam deklarasi yang dihadiri 6 pimpinan parpol pengusung tersebut, selain penandatanganan dukungan juga pemotongan tumpeng dan doa bersama lintas agama (Islam, Protestan, Katolik, Hindu dan Budha).

Ketua Tim Pemenangan Paslon RIDO, Suwito mengatakan, karena mematuhi protokol kesehatan Covid-19, maka deklarasi digelar secara sederhana, namun Tidak mengurangi arti dan makna kerja sama lintas partai, serta dukungan semua elemen masyarakat.

“Meski dilgelar secara sederhana, namun tidak mengurangi makna dan arti kerjasama lintas partai. Kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tak terhingga kepada semua pimpinan partai pengusung dan pendukung,” kata Suwito, Jumat (4/9/2020).

Lebih lanjut Suwito menyampaikan, dipilihnya lokasi deklarasi di rumah dekat Taman Sukarni ini, untuk mengingatkan sejarah yang sama 4 tahun lalu. Dimana dulu, pasanga Rijanto- Marhaenis ini, juga menggelar acara yang sama.

“Dulu di  taman Sukarni ini, juga dipergunakan deklarasi pasangan Rijanto- Marhaenis. Selain itu juga untuk meneladani semangat pejuang kemerdekaan Sukarni yang asli Blitar,”  jelasnya.

Suwito menambahkan, usai deklarasi paslon RIDO langsung menuju Kantor KPU Kabupaten Blitar yang terletak di jalan raya Blitar – Garum. Setelah menjalani protokol kesehatan, RIDO bersama pimpinan 6 parpol pengusung diterima Ketua dan Komisioner KPU Kabupaten Blitar.

“Setelah dilakukan verifiaksi administrasi syarat calon dan syarat pencalonan, hasilnya dinyatakan memenuhi syarat lolos aplikasi Silon dan menjadi bapaslon untuk menjalani proses selanjutnya,” ujarnya.

Smentara Ketua KPU Kabupaten Blitar, Hadi Santoso mengatakan, bahwa berkas pendaftaran paslon Rijanto – Marhaenis memenuhi syarat pencalonan.

“Karena sudah memenuhi syarat, selanjutnya  paslon akan menjalani tahapan tes kesehatan dan tes psikologi, yang rencananya dilaksanakan di RS Syaiful Anwar, Malang,” kata Hadi Santoso.

Hadi Santoso menambahkan, meski demikian, selain harus menjalani tes kesehatan, masih ada lagi beberapa tahapan yang harus dilalui oleh pasangan calon, diantaranya masalah cuti.

“Kami sudah menerima berkas dari paslon RIDO, dan sudah dinyatakan lengkap. Setelah ini ada kewajiban yang harus dipenuhi bagi pasangan petahana, yaitu harus tunduk pada aturan cuti tidak menjadi tanggungan Negara. Temasuk tidak boleh menggunakan fasilitas Negara,” pungjasnya. (Fajar AT)

Demi Suksesnya Paslon Santoso – Tjutjuk, Ulama dan Pengurus PCNU Kota Blitar Gelar Doa Bersama
PDIP, Gerindra, PPP, Demokrat dan Hanura Kota Blitar Deklarasikan Usung Santoso-Tjutjuk
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.