BERITABLITAR.COM – Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela bersama Wali Kota Blitar Santoso, Dandim 0808 Blitar Letkol Arh. Dian Musriyanto melounching program Tukarkan Maskermu. Kegiatan yang dilaksanakan, Rabu (19/8/2020) di halaman Mapolres Blitar Kota ini, merupakan tindak lanjut Program Indonesia Sehat, Jatim Bermasker.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela  mengatakan, program Tukarkan Maskermu ini, terinpirasi dari kesadaran masyarakat terhadap pentingnya penggunaan masker sebagai Alat Pelindung Diri (APD) paling dasar. Namun masih banyak warga yang mengenakan masker dengan kondisi yang sudah kotor dan tidak higienis lagi.

“Program ini dikandung maksud adalah untuk mengedukasi masyarakat, pentingnya menjaga higienitas atau kebersihan dari masker,” kata AKBP Leonard M Sinambela, Rabu (19/8/2020).

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela membuang masker lama ke tempat sampah yang sudah disediakan dan mengganti masker yang baru

Lebih lanjut  Leonard menyampaikan, program pembagian masker ini dilakukan melalui metode tukar masker, yaitu dengan menukar master yang lama dengan masker yang baru. Perspektif yang diambil adalah perspektif kesehatan.

“Kita tahu arti pentingnya menggunakan masker dan ternyata juga masker itu mempunyai masa pakai. Sehingga perlu diganti pada waktu-waktu tertentu. Tadi sudah dijelaskan oleh dokter, bagaimana kapan waktunya diganti dan bagaimana cara mendisposal masker yang sudah usang atau sudah habis masa pakainya,” jelas Leonard.

Leonarnd menandaskan, selain kegiatan tersebut  sudah dilakukan dan disiapkan yang statis di kantor Polres Blitar Kota, dan ini nantinya akan diikuti di kantor-kantor pemerintahan. Juga dilakukan yang sifatnya mobile yaitu melalui kendaraan roda dua dari Babinkamtibmas.

“Baik yang statis maupun mobile, tujuannya mengedukasi masyarakat. Sehingga masyarakat paham, masa berlaku menggunakan masker dan kita juga memberikan solusi dengan cara menggantikan maskernya,” tandasnya.

Kapolres Blitar Kota menambahkan, selain perspekti kesehatan terjamin, perspektif lingkungan, tetap terjaga. Karena masker yang sudah digunakan tersebut kategorinya adalah sampah medis yang memerlukan pengelolaan dengan benar, dan tempatnya pun khusus.

“Tadi sudah disimulasikan, cara bagaimana membuka masker, kemudian masker disemprotkan cairan disinfektan untuk membunuh kuman dan virusnya, kemudian dibuang pada tempat sampah yang khusus disiapkan, ditutup dengan menggunakan plastik dan baru dibuang. Nah itu yang mau kita sampaikan kepada masyarakat, pentingnya mengganti masker dan juga mengelola sampah atau limbah masker ini dengan benar,” pungkas Kapolres Blitar Kota.

Kegiatan tukarkan maskermu ini selain di lakukan secara statis di Mapolres Blitar, juga dilakukan secara mobile melalui kendaraan roda dua dari Babinkamtibmas ke suluruh Polsek jajaran Polres Blitar Kota. Selain itu jiga dilakukan di pasar tradisional Pasar Pon Kota Blitar. (Fajar AT)

Mahasiswa Tuntut Polisi Usut Pungli  Proses PPDB 2020
Tak Pakai Masker, Anggota Polisi Dihukum Push Up dan Warga Bersihkan Toilet
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.