BERITABLITAR.COM – Pungutan liar (pungli) pada proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 mendapat sorotan mahasiswa di Blitar. Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Blitar melakukan aksi unjukrasa di depan Mapolres Blitar, Rabu (19/8/2020). Mereka menuntut polisi mengusut tuntas aksi sejumlah lembaga pendidikan di Blitar yang masih melakukan pungutan liar pada proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020.

Korlap aksi Ardan Abadan Malik mengatakan, menurut Permendikbud Nomor 44 tahun 2019, pasal 21, ayat 3 yang menyatakan bahwa sekolah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah tidak boleh melakukan pungutan dan/atau sumbangan yang terkait dengan pelaksanaan PPDB maupun perpindahan peserta didik. Melakukan pungutan untuk membeli seragam atau buku tertentu yang dikaitkan dengan PPDB.

“Jelas yang dilakukan oleh oknum lembaga pendidikan di Blitar sangat menyalahi aturan dan sarat akan keuntungan sepihak oknum institusi pendidikan tersebut,” kata Ardan Abadan Malik, Rabu (19/8/2020).

Lebih lanjut Ardan memyampaikan, dalih yang dipakai para oknum lembaga pendidikan adalah mengundang secara tertutup wali murid dengan mengatasnamakan Komite Sekolah, yang kemudian ditampilkan slide show yang berisi biaya-biaya yang harus dibayarkan oleh wali murid. Seperti biaya seragam dan lain lain.

“Agar tidak ada bukti kecurangan, saat diundang secara tertutup, wali kurid dilarang mengambil foto. Padahal hal itu, juga melanggar aturan Permendikbud nomor 75 tahun 2016 pasal 10 ayat 2 tentang komite sekolah. Apalagi ditengah kondisi pandemi Covid – 19, yang mana seluruh dunia terkena imbas dalam sektor ekonomi. Demikian halnya orang tua para siswa, juga mengalami penurunan pada sektor ekonomi. Sehingga apa yang dilakukan oleh oknum instansi pendidikan merupakan satu kejahatan besar atas aturan dan kemanusiaan,” jelasnya.

Usai berorasi, perwakilan mahasiswa GMNI ini, ditemui Wakapolres Blitar Kompol Himawan. Kemudian mereka melakukan audiensi. Dalam audiensi tersebut, Polres Blitar menerima aduan yang disampikan para mahasiswa GMNI, dan akan menindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan pihak terkait. (Fajar AT)

Pengesahan Warga Baru PSHT Blitar, 1400 Personil Gabungan Siap Amankan
Polres Blitar Kota Ajak Masyarakat Gunakan Masker Bersih
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.