BERITABLITAR.COM – Polres Blitar menggunakan cara unik dalam mensosialisasikan Jatim bermasker di pasar tradisional Wlingi, Selasa (11/8/2020). Dengan menggunakan kostum 17 an, para Duta Masker mendampingi Kapolres Blitar, AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya memasuki pasar Wlingi membagikan masker kepada para pedagang dan pembeli yang tidak menggunakan masker.

Kapolres Blitar, AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya mengatakan, gerakan Jatim Bermasker merupakan tindaklanjut dari instruksi Presiden RI, kemudian diteruskan Kapolda Jatim kepada seluruh jajaran Polres. Adapun sasaran kegiatan sosialisasi dan pembagian masker ini adalah seluruh pusat keramaian seperti pasar, fasilitas umum, pengguna jalan dan perkampungan. 

“Kegiatan Jatim Bermasker ini akan terus dilakukan secara serentak dan menyeluruh,” kata AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya, Selasa (11/8/2020).

Lebih lanjut Ahmad Fanani menjelaskan, bersama TNI-Polri, Muspika, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Ibu-ibu dari Bhayangkari, Persid, Fatayat, Muslimat dan relawan Kampung Tangguh Semeru di wilayah hukum Polres Blitar, dilakukan gerakan Jatim Bermasker untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

“Dilakukannya gerakan Jatim Bermasker ini, karena Covid-19 bisa menyebar melalui udara. Gerakan ini untuk pencegahan penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Kapolres Blitar menambahkan, guna menarik perhatian para pedagang dan pembeli, anggota Polres Blitar menggunakan kostum 17-an seperti tentara Jepang, pejuang Peta, bahkan ada yang berpakaian Soekarno.

“Karena pertepatan di bulan Agustus, peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke-75, guna menarik perhatian para pedagang dan pembeli, para petugas mengguna kostum 17-an, seperti yang dilakukan hari ini di Pasar Wlingi,” tandasnya.

Ahmad Fanani menyebut, dalam kegiatan Jatim Bermasker ini, para pedagang dan pembeli antusias mendengarkan sosialisasi mengenai pentingnya menggunakan masker, untuk mencegah penyebaran Covid-19. 

“Para pedagang dan pembeli, sebagian besar sudah disiplin menggunakan masker. Namun hanya beberapa orang yang tidak memakai masker dan langsung kita berikan masker agar dipakai,” ujarnya.

Tidak hanya kepada para pedagang dan pembeli di pasar Wlingi saja, pembagian ribuan masker gratis tersebut, juga dibagikan kepada para pengguna jalan yang melintas di depan pasar Wlingi.

Untuk membantu sosialisasi Gerakan Jatim Bermasker, Polres Blitar menunjuk Duta Masker yang diambil dari perwakilan kelompok masyarakat, baik itu dari pedagang, ibu-ibu, tokoh agama dan relawan. (Fajar AT)

Empat Staf Prokopim Pemkab Blitar Sembuh Dari Covid-19
Kanim Kelas II Non TPI Blitar Layani Eazy Passport Di SMKN 3 Blitar
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.