Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Jatim VI dari Fraksi Partai Gerindra, Ir. Endro Hermono, MBA membagikan bantuan paket produk Kelautan dan Perikanan kepada anak-anak secara simbolis

BERITABLITAR.COM – Komisi IV DPR RI bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), tengah gencar melakukan safari Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan). Ini dilakukan untuk mendukung program nasional penanganan stunting di Indonesia. 

Meski di tengah pandemi Covid-19, safari Gamarikan yang dilaksanakan di salah satu rumah makan di Kota Blitar, Sabtu (8/8/2020) ini, dilakukan dengan mentaati protokol kesehatan, yaitu dengan mengundang hanya sekitar 50 orang. Adapun sasaran Safari Gemarikan ini adalah anak-anak sekolah, ibu-ibu, dan masyarakat yang terdampak langsung Covid -19.

Selain menjaga jarak dan menggunakan masker, semua peserta sebelum memasukan ruangan harus dites suhu badannya dengan thermo gun dan disemprot handsanitizer. Nampak hadir dalam kegiatan Safari Gemarikan tersebut Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Jatim VI dari Fraksi Partai Gerindra, Ir. Endro Hermono, MBA, Direktur Logistik Ditjen Peningkatan Daya Saing Produk Kelautan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Ines Rahmania, A.Pi, MM, Kepala Dinas Peternakan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar, dan bakal calon Wakil Wali Kota Blitar, Ir Tjutjuk Sunario.

Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Jatim VI dari Fraksi Partai Gerindra, Ir. Endro Hermono, MBA mengatakan, Gemarikan adalah suatu gerakan moral untuk memotivasi masyarakat secara luas agar mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yang diisyaratkan bagi kesehatan, sehingga terbentuk manusia yang sehat, cerdas dan kuat.

“Gemarikan ini perlu dikenalkan pada anak-anak sejak dini, sehingga terbentuk manusia yang sehat, cerdas dan kuat,” kata Ir. Endro Hermono, MBA, Sabtu (8/8/2020).

Lebih lanjut Endro Hermono menyampaikan, upaya peningkatan gizi masyarakat serta minat untuk mengkonsumsi ikan harus terus ditingkatkan. Hal ini agar kekurangan gizi atau stunting di Indonesia menurut.

“Dalam pelaksanaanya meningkatkan gizi masyarakat dengan mengkonsumsi ikan ini, diperlukan kerjasama dan koordinasi dari berbagai pihak, baik dari pemerintah maupun masyarakat,” jelasnya.

Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Jatim VI yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Kota Blitar ini menambahkan, dengan melibatkan seluruh komponen khususnya masyarakat ini, diharapkan mampu membangun kesadaran untuk memilih ikan sebagai sumber protein utama dalam menu makanan keluarga.

“Jadi kalau dulu kita makan cukup dengan sayur dan lauk seadanyam. Namun kini kita upayakan membangun kesadaran masyarakat untuk memilih ikan sebagai sumber protein utama dalam menu makanan kita sehari-hari,” tandasnya.

Sementara Direktur Logistik Ditjen Peningkatan Daya Saing Produk Kelautan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Ines Rahmania, A.Pi, MM mengatakan, Gemarikan itu merupakan programnya KKP yang dicanangkan sejak tahun 2004. Dalam pelaksanaannya diperlukan adanya kerjasama dan koordinasi dengan berbagai pihak. Baik dengan Kabupaten/Kota dan seluruh provinsi di Indonesia.

“Ditengah pendemi Covid-19  ini, KKP bekerjasama dengan Komisi IV DPR RI untuk perluasan Gemarikan. Jadi itu mengkampanyekan gerakan masyarakat gemar makan ikan yang tujuannya dalah mengajak masyarakat lebih banyak makan ikan supaya daya tahan tubuhnya kuat,” kata Ines Rahmania, A.Pi, MM.

Lebih lanjut Ines Rahmania menyampaikan, salah satu yang tidak dimilik oleh sumber protein lain adalah Omega 3.

“Omega 3 tidak dimiliki sumber protein lain. Itulah yang luar biasa dimiliki ikan. Untuk itu kita berharap masyarakat Blitar selalu menyediakan lauk Ikan untuk menu sehari-hari,” pungkasnya.

Dalam kegiatan Safari Gemarikan ini, Ir. Endro Hermono, MBA bersama Ines Rahmania, A.Pi, MM dan Adi Anda, Kepala Dinas Peternakan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar memberikan bantuan berupa paket produk Kelautan dan Perikanan kepada anak-anak. Total ada 500 paket produk Kelautan dan Perikanan yang dibagikan. Paket tersebut terdiri dari, ikan asap, naget ikan, tahu ikan, sosis ikan, dan krispi lele. Selain itu juga dibagikan masker sebanyak 2.500 buah. (Fajar AT)

Kanim Kelas II Non TPI Blitar Layani Eazy Passport Di SMKN 3 Blitar
Cegah Covid-19 dan Tingkatkan Imunitas, Mahasiswa UMM Produksi Handsanitizer dan Jamu Herbal
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.