Situasi Puskesmas Wlingi Kabupaten Blitar dalam kondisi Lock down

BERITABLITAR.COM – Setelah IGD RSUD Ngudi Waluyo Wlingi ditutup, menyusul Kantor BNN Kabupaten Blitar dan pasar Tradisional Sutojayan. Kini Puskesmas Wlingi Kabupaten Blitar juga mengalami hal yang sama. Penutupan atau peniadaan pelayanan di Puskesmas Wlingi dimulai sejak Senin 27 Juli hingga Sabtu 1 Agustus mendatang.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, dr Christine Indrawati mengatakan, penutupan Puskesmas Wlingi ini setelah ada dua tenaga kesehatan (Nakes) terkonfirmasi Covid-19.

“Untuk dilakukan general cleaning, memang kami minta untuk menutup dulu pelayanan di Puskesmas Wlingi selama sepekan,” kata dr Christine Indrawati, Selasa (28/7/2020).

Lebih lanjut Christine menyampaikan, dua nakes Puskesmas Wlingi tersebut terkonfirmasi positif tersebut, berawal saat mereka menangani pasien pada Senin 20 Juli lalu. Saat itu mereka menerima pasien dengan gejala mual muntah. Setelah diobservasi di Puskesmas Wlingi pasien kemudian dirujuk ke rumah sakit. Dua hari di rumah sakit pasien dinyatakan positif Covid-19.

“Awalnya teman-teman Puskesmas Wlingi ini dimintai tolong pak camat untuk merawat salah seorang warga setempat. Kemudian teman-teman menjemput pasien ke rumahnya dan dibawa ke Puskesmas Wlingi.  Nah setelah diobservasi ternyata pasien ini membutuhkan rawat inap. Karena Puskesmas Wlingi bukan Puskesmas yang menyediakan rawat inap, akhirnya pasien dirujuk ke rumah sakit. Kemudian dua hari setelah masuk rumah sakit pasien dinyatakan positif Covid-19,” papar Christine.

Christine menambahkan, selanjutnya enam nakes yang merawat pasien positif tersebut, menjalani test swab dan langsung isolasi mandiri di rumah masing-masing. Dan puskesmas tetap beroperasi seperti biasa.

“Sebenarnya teman-teman di Puskesmas Wlingi sudah memakai APD level tiga. Namun ternyata hasil swab enam teman kami pada Senin (27/7/2020, dua dinyatakan  positif Covid-19,” tandasnya.

Christine menandaskan, setelah dilakukan tracing, ternyata cukup banyak tenaga kesehatan Puskesmas Wlingi melakukan kontak erat dengan nakes yang positif.

“Karena hampir semua dan hanya sedikit yang tidak kontak erat, maka kami meminta mereka untuk tutup dulu,” pungkasnya. (Fajar AT)

9 Nakes RSUD Ngudi Waluyo Dinyatakan Sembuh Covid-19
Warga Garum Blitar Tersengat Listrik Hingga Tewas Saat Tebang Pohon Bambu
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.