Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) PPM 35 inisiasi gerakan PHBS cegah Covid-19 di dusun Bulurejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar, Jawa Timur

Oleh : Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung dalam kelompok program Pengabdian Masyarakat Mahasiswa (PMM) 35, mempunyai misi untuk menjaga lansia tetap sehat melalui kupas tuntas PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) yang baik dan benar untuk memutus rantai penularan Covid-19 di dusun Bulurejo Kabupaten Blitar.

Kelompok tersebut beranggotakan 3 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang yang saat ini tengah menempuh pendidikan semester enam. Tiga mahasiswa tersebut merupakan warga asli Kabupaten Blitar. Joevan Jusuf, Shania Nariswari, dan Fenny Retno Ningrum ketiganya berinisiatif untuk melakukan edukasi mengenai pencegahan Covid-19 yang saat ini sedang gencar melanda bumi pertiwi.

Pengabdian dilakukan di dusun Bulurejo RT 2 RW 2, Desa Sumberarum, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar. Mahasiswa memilih pengabdian di daerah tersebut karena merupakan salah satu daerah yang jauh dari pusat layanan kesehatan sehingga keterjangkauan teknologi dan informasi belum dapat maksimal.

Hal tersebut menimbulkan rasa ingin membantu antar sesama agar masyarakat dusun Bulurejo terhindar dari Covid-19. Target yang utama pada program pengabdian ini adalah para lansia, karena merupakan kategori yang lebih rentan terkena Covid-19 dan sering menimbulkan komplikasi.

Kedatangan mahasiswa ke daerah tersebut memberikan pencerahan bagi para lansia terkait apa yang sedang terjadi saat ini. Mereka melakukan edukasi tentang bagaimana menjaga kesehatan, bagaimana melakukan proteksi diri sendiri, serta bagaimana memutus rantai penularan Covid-19 yang sebelumnya hanya  didapat dari media mainstream seperti televisi dan radio dengan penyampaian yang singkat dan satu arah, kini dapat mereka pahami dengan bahasa yang mudah dipahami dan juga dapat berinteraksi secara langsung dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan.

Ketiga mahasiswa melakukan edukasi mengenai bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar melalui cuci tangan selama 20 detik dengan menggunakan sabun. Cuci tangan dilakukan menggunakan cara ‘6 langkah’ dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Selain itu, mahasiswa juga mempraktikkan bagaimana cara memakai masker pernapasan yang baik dan benar.

Kegiatan diakhiri dengan membagikan hand sanitizer dan masker kepada warga guna mendukung usaha pemutusan mata rantai Covid-19. Para mahasiswa anggota PMM 35 UMM berharap edukasi yang mereka lakukan dapat diterapkan warga dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari khususnya di dusun Bulurejo sehingga besar harapan seluruh warga dusun akan selalu terlindungi dari Covid-19. (*)

IGD RSUD Ngudi Waluyo Blitar Terancam Ditutup, 30 Orang Nakes Positif Cofid-19
Diduga Tersangkut Penipuan Travel Haji, Mubalig Asal Jombang Ditahan Kejari Blitar
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.