Petugas memberikan vitamin kepada warga Kelurahan Rembang yang menjalankan isolasi mandiri

*30 Pasien Covid-19 di Kota Blitar, 10 Diantaranya Dari Klaster Rembang

BERITABLITAR.COM – Hingga 20 Juli 2020, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Blitar mencatat, kasus positif Covid-19 di Kota Blitar secara komulatif berjumlah 30 kasus.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Blitar, M Muchlis mengatakan, ada 7 tambahan kasus konfirmasi positif pada Sabtu 18 Juli lalu. Dimana 7 kasus terkonfirmasi positif tersebut, 1 asal Kelurahan Bendogerit seorang pria berusia 33 tahun. Dan 6 lainnya berasal dari klaster Kelurahan Rembang.

“Satu kasus seorang laki-laki berusia 33 tahun dari Kelurahan Bendogerit ini, pada 8 Juli 2020 melakukan Rapid Diagnostic Test (RDT) mandiri di salah satu RS swasta Kota Blitar sebagai persyaratan perjalanan ke Jakarta dengan hasil reaktif. Kemudian pada tanggal 18 Juli 2020 siang hasil RT PCR positif. Saat ini yang bersangkutan tidak ada keluhan dan melakukan isolasi mandiri di rumah,” kata M Muchlis, Senin (20/7/2020).

Kemudian, lanjut Muchlis, enam kasus lainya yang berasal dari klaster Kelurahan Rembang, merupakan kontak erat dari kasus konfirmasi positif Kelurahan Rembang. Pada 18 Juli hasil RT PCR enam orang tersebut, dinyatakan positif. Semuanya adalah laki-laki dengan usia 59 tahun,  46 tahun, 20 tahun, 19 tahun, 18 tahun dan 15 tahun.

“Saat ini yang bersangkutan tidak ada keluhan dan melakukan isolasi mandiri di rumah,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, untuk klaster Kelurahan Rembang, penularan Covid-19 berawal dari seorang tenaga kesehatan (nakes) yang bekerja di RS Kabupaten Blitar dinyatakan positif Corona. Kemungkinan dia carrier, menulari bapaknya (68), dan pada 30 Juni bapaknya meninggal dengan status PDP. Sebelum meninggal sempat dilakukan test swab. Hasilnya positif keluar pada 5 Juli berbarengan dengan hasil test swab nakes. Gugus Tugas kemudian melakukan swab test massal dan dinyatakan ada tambahan 8 terkonfirmasi positif Covid-19.

“Jadi klaster Kelurahan Rembang tsecara akumulasi ada 10 konfirmasi positif,” pungkas Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Blitar.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Blitar, pada minggu 19 Juli kemarin mencatat tidak ada tambahan kasus konfirmasi positif. Sedangkan dari jumlah komulatif 30 kasus konfirmasi positif , 17 orang masih dalam proses perawatan, 11 dinyatakan sembuh dan 2 orang meninggal dunia. (Fajar AT)

Kapolres Blitar Kota Silahturohmi Ke DPC Partai Gerindra Kota Blitar
Kapolres Blitar Kota Evaluasi Terkait Optimalisasi Tim POP Terapkan 3 T
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.