Kapolres Blitar Kota AKBP Leonar M Sinambela langsung melakukan pengecekan dan asistensi di Polsek Sananwetan

BERITABLITAR.COM – Untuk meminimalisir laju penyebaran pandemi Covid-19, Polres Blitar Kota memaksimalkan kinerja tim POP ( Problem Oriented Policing) dengan menerapkan 3 T (Testing, Tracing dan Treatment) secara masif.

Hal ini sebagai tindak lanjut instruksi Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Fadil Imran dalam rapat percepatan penanganan covid-19 oleh Forkopimda  Jawa Timur di Kantor Bakorwil III Malang, Sabtu (18/7/2020) kemarin. Kapolda Jatim meminta, kapolres jajaran untuk turun langsung melakukan pendataan dan pengawasan dalam menangani Covid-19. Bahkan Kapolda Jatim meminta agar Kapolres dan Kapolresta berkantor di Polsek.

Menindak lanjuti instruksi tersebut, Kapolres Blitar Kota AKBP Leonar M Sinambela langsung melakukan pengecekan dan asistensi di Polsek Sananwetan. Senin (20/07/2020). Selain memberikan arahan, Leonard juga meminta penjelasan langsung dari Kapolsek dan Bhabinkamtibmas terkait persoalan dan upaya penanganan Covid-19 yang telah dilakukan selama ini.

“Bhabinkamtibmas agar aktif dalam melakukan pendataan ODP, PDP maupun terkonfirmasi positif di lingkungannya. Bhabinkamtibmas harus sudah mengetahui data identitas pasien di wilayah binaannya,” kata AKBP Leonard M Sinambela.

Lebih lanjut Leonard menyampaikan, selama ini penanganan Covid-19 diwilayah Polsek Sananwetan belum optimal. Epicentrumnya ada disini, karena di Kota Blitar dari 30 kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19, yang 24 berada di kecamatan ini.

“Saya minta Kapolsek beserta para Bhabinkamtibmas harus lebih semangat lagi dan kuat lagi dalam melakukan upaya-upaya penanganan Covid-19,” jelasnya.

Leonard menekankan kepada Bhabinkamtibmas agar proaktif mengikuti setiap kegiatan tim gugus tugas terkait kegiatan 3T (Testing, Tracing dan Threatment).

“Tidak boleh ditawar dan diabaikan jika ada kegiatan 3 T oleh gugus tugas, para Bhabinkamtibmas harus hadir. Sehingga kita akan tahu betul permasalahanya. Bila perlu diberikan masukan, karena tracing itu ilmunya polisi,” tandasnya

Kapolres Blitar Kota menambahkan, terkait 3 T ini, Kapolsek dan Bhabinkamtibmas dalam menjalankan tugas di lapangan harus benar-benar mengusai data dan peta penyebaran Covid-19 dengan jelas.

“Kita harus mengetahui berapa jumlah PDP, ODP, pasien yang positif, berapa yang masih dirawat, berapa yang sembuh, berapa yang meninggal, semua harus detail baik data maupun petanya,” pungkas Kapolres Blitar Kota. (Fajar AT)

Petugas Berikan Vitamin Kepada Warga Kelurahan Rembang Yang Jalani Isolasi Mandiri
Gugus Tugas Kab Blitar Siapkan Tempat Isolasi Bagi Kasus Konfirmasi Tanpa Gejala Covid-19
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.