Peta Persebaran kasus harian Kabupaten Blitar

BERITABLITAR.COM – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar mencatat, lonjakan kasus terkonfirmasi positif  Covid-19 di Kabupaten Blitar, karena adanya swab test massal secara massif. Swab test tersebut dilakukan kepada orang-orang yang pernah kontak erat dengan pasien positif.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti mengatakan, ada 84 orang kontak erat yang menjalani swab test. Hasilnya menunjukan 34 orang dinyatakan positif Covid-19.

“Ada tambahan yang cukup signifikan kemarin itu setelah dilakukan swab test secara massif.  Artinya semua kontak erat langsung kita swab dari kontak erat. Hasilnya dari 84 kontak erat yang kita swab 34 positif,” kata Krisna Krisna, Sabtu (18/7/2020).

Lebih lanjut Krisna menyampaikan, dari 34 orang yang terkonfirmasi positif sebanyak 24 orang adalah kasus konfirmasi tanpa gejala. Sedangkan 10 orang sebelumnya sudah masuk kategori suspek.

“34 orang ini sudah dipilah mana-mana yang harus dirawat di RS rujukan Covid-19,  mana yang harus dirawat di RS penyangga dan mana yang bisa isolasi mandiri di rumah,” jelasnya.

Krisna menambahkan, dengan meningkatnya jumlah kasus positif Covid-19 ini, pihaknya meminta masyarakat untuk tidak mengabaikan protokol kesehatan. Jika protokol kesehatan diabaikan resikonya adalah penularan juga semakin cepat.

“Sekarang memang mulai banyak yang mengabaikan dan menyepelekan protokol kesehatan. Banyak masyarakat yang  sudah tak pakai masker, kumpul-kumpjl dan melakukan hal-hal seperti normal. Inilah salah satu pemicu yang menyebabkan penyebaran penularan cepat dan banyak,” imbuhnya.

Data terbaru, saat ini 18 Kecamatan di Kabupaten Blitar masuk sebagai zona merah, 1 kecamatan zona orange, 2 zona kuning, dan 1 kecamatan zona hijau. Sementara hingga saat ini Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar mencatat, 93 orang terkonfirmasi Covid-19. Dengan rincian, 27 sembuh, 57 dirawat dan 9 meninggal dunia. (Fajar AT)

Polres Blitar Kota Maksimalkan Upaya 3 T Untuk Percepat Kesembuhan Pasien Covid 19
Para Petahana Dapat Rekomendasi PDIP untuk Pilkada Blitar Raya
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.