Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Blitar, M Muchlis

BERITABLITAR.COM – Kasus Corona atau Covid-19 di Kota Blitar terus bertambah, meski masih tercatat sebagai daerah yang masuk zona kuning atau daerah dengan resiko penularan Covid-19 rendah.

Berdaarkan catatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Blitar, jumlah positif Corona di Kota Blitar mencapai 18 orang. Dimana, 8 orang dinyatakan sembuh, 8 orang dirawat dan 2 orang meninggal dunia.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Blitar, M Muchlis mengatakan, ada tambahan 3 pasien positif Covid-19 kasus baru. Masing-masing merupakan tambahan kasus pada 11 Juli dan 12 Juli lalu.

Dimana kasus 11 Juli yaitu 2 orang laki-laki berusia 23 tahun dari Kelurahan  Karangtengah. Dia pada tanggal 2 Juli 2020 melakukan Rapid diagnostic Test (RDT) sebagai syarat untuk perjalanan dan hasilnya reaktif.  Kemudian ditindak lanjuti dengan pengambilan specimen.

“Hasil RT PCR pasien 11 Juli 2020 dinyatakan positif. Saat ini yang bersangkutan tidak ada  keluhan dan melakukan isolasi di RS Rujukan Covid-19 Kota Blitar,” kata M Muchlis, Selasa (14/7/2020).

Lebih lanjut Muchlis menyampaikan, sedangkan untuk kasus baru pada 12 Juli yaitu seorang perempuan berumur 40 tahun dari Kelurahan Karangtengah. Pada tanggal 4 Juli yang bersangkutan mengeluh demam, batuk, nyeri perut. Dia tidak ada riwayat perjalanan ke luar kota.

“Yang bersangkutan pada 11 Juli  masuk rumah sakit rujukan Covid-19 Kota Blitar, kemudian dilanjutkan pengambilan spesimen. Dan pada 12 Juli malam hasilnya dinyatakan positif,” jelasnya.

Muchlis menyebut, berdasarkan informasi yang diterima Gugus Tugas dari Provinsi Jawa Timur, dimungkinkan telah terjadi transmisi lokal di Kota Blitar. Karena riwayat salah satu pasien positif Covid-19 tidak pernah kemana-mana.

“Informasi dari provinsi sudah ada transmisi lokal di Kota Blitar. Kasus ini masih diselidiki lebih lanjut. Karena orang-orang yang pernah kontak erat hasilnya juga belum keluar,” tandasnya.

Dengan kondisi Kota Blitar seperti ini, Muchlis menghimbau kepada masyarakat untuk terus mematuhi pola hidup bersih dan sehat. Serta ketika berada di ruang publik, selalu mematuhi protokol kesehatan dengan sering mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. (Fajar AT)

Petugas Gabungan Tertibkan Pedagang Dan Pembeli Di Pasar Tradisional Kota Blitar
Petugas Gabungan Awasi Penerapan Perwali, Masih Temukan Warga Tak Pakai Masker
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.