Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Jatim VI dari Fraksi Partai Gerindra, Ir.Endro Hermono, MBA menyelenggrakan sosialisasi UU nomor 21 tahun 2019

BERITABLITAR.COM Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Jatim VI dari Fraksi Partai Gerindra, Ir.Endro Hermono, MBA menyelenggrakan sosialisasi UU nomor 21 tahun 2019 tentang karantina hewan, ikan dan tumbuhan, Kamis (9/7/2020) di salah satu rumah makan di Kota Blitar.

Ir.Endro Hermono, MBA, anggota Komisi IV DPR RI Dapil Jatim VI dari Fraksi Partai Gerindra mengatakan, UU No. 21 tahun 2019 ini, merupakan UU revisi dari UU perkarantinaan nomor 16 tahun 1992. Tujuannya, untuk menyampaikan perubahan peraturan perundang-undangan karantina hewan, ikan dan tumbuhan. Dengan berlakunya UU No. 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan, maka UU No. 16 Tahun 1992 tidak berlaku lagi.

“Yang disebut dengan Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan atau Karantina adalah sistem pencegahan masuk, keluar dan tersebarnya hama dan penyakit hewan Karantina, hama dan penyakit ikan Karantina, dan organisme,” kata Ir.Endro Hermono, MBA.

Lebih lanjut Endro Hermono menyampaikan, sosialisasi ini juga untuk menyampaikan pemahaman dan penyamaan persepsi antara pemangku kepentingan dari pemerintah pusat dan daerah terkait tugas dan fungsi karantina di seluruh wilayah Indonesia

“Hasil yang diharapkan, terwujudnya sinergitas kebijakan penyelenggaraan perkarantinaan antara Pemerintah Pusat, Pemprov, dan Kabupaten/Kota. Serta terwujudnya komitmen pemerintah dalam penyelenggaraan perkarantinaan,” jelasnya.

Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Jatim VI dari Fraksi Partai Gerindra ini menambahkan, UU No. 21 tahun 2019 ini lebih tegas dengan memberikan sanksi denda hingga jerat hukum.

“Selain jerat hukum, dalam UU No. 21 ini juga ada sanksi administrasi yang sebelumnya tidak ada di UU No. 16 tahun 1992,” pungkasnya. (Fajar AT)

Peduli Sesama, Polres Blitar Bangunkan Rumah Layak Huni Untuk Nenek Sebatang Kara
Kapolres Blitar Kota Tebar Benih Ikan di Lahan Kelompok Tani Tangguh Semeru
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.