Dua diantara empat pelaku pencurian uang tunai di toko bangunan diamankan di Mapolres Blitar Kota

BERITABLITAR.COM – Setelah sebulan lebih menjadi buronan (DPO) polisi, dua diantara empat pelaku pencurian uang tunai sebesar Rp 23 juta di sebuah toko bangunan di Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar berhasil diamankan. Sedangkan dua pelaku lainnya kini masih dalam pengejaran.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela mengatakan, kedua pelaku yang berhasil diamankan Satreskrim Polres Blitar Kota diantaranya, MS (51), warga Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk dan EW (48), warga Kecamatan Sawahan, Kota Surabaya.

“Komplotan ini berjumlah empat orang. Saat ini ada dua yang berhasil kami amankan,” kata AKBP Leonard M Sinambela, Selasa (23/6/2020).

Lebih lanjut Leonard menyampaikan, setelah didalami mereka juga melancarkan aksinya di beberapa daerah. Diantaranya di Kecamatan Garum Kabupaten Blitar, dan di Kecamatan Rejotangan Tulungagung.

“Komplotan ini menyasar barang-barang yang ada di meja kasir took, dan mereka  melakukan aksinya di sejumlah daerah,” jelasnya.

Leonard menambahkan, kejadian ini berawal saat toko bangunan di Jalan Kampar Kelurahan Tanjungsari Kecamatan Sukorejo menjadi sasaran pencurian komplotan ini, Sabtu (13/6/2020) lalu. Saat itu dua orang pria dengan mengendarai sepeda motor mendatangi toko bangunan tersebut dengan alasan akan membeli cat. Beberapa saat kemudian, datang lagi dua orang pria dengan alasan membeli skrup.

“Dua orang yang datang lebih dulu itu meminta korban mencarikan barang. Kemudian yang dua lagi membawa kabur uang di tempat penyimpanan uang. Akibat kejadian itu pemilik toko mengalami kerugian hingga Rp 23 juta,” imbuhnya.

Kapolres Blitar Kota menandaskan, sebelum diamankan, komplotan pelaku spesialis toko ini, ternyata juga sempat beraksi di Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Dari toko tersebut pelaku mencuri sebuah tablet,” tandasnya.

Akibat perbuatannya, pelaku bakal dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana maksimal 7 tahun penjara. (Fajar AT)

Internal PKB Kota Blitar Terbelah, Pencalonan Henry-Yasin Dinilai Cacat Mekanisme
Cari Surat Sehat, Sopir Freelance asal Kota Blitar Dan 5 Sopir Lainnya Diketahui Positif Covid-19
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.