Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M Sinambela bersama Wali Kota Blitar, Santoso dan Dandim 0808 Blitar usai meremikan Stasiun Tangguh di Stasiun Blitar

BERITABLITAR.COM – Menjelang pelaksanaan New Normal (Tatanan normal baru), personil TNI dan Polri siap disebar di tempat umum. Hal itu untuk melakukan pendekatan persuasif mendisiplinkan masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan virus Corona  atau Covid-19.

Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M Sinambela mengatakan, sesuai petunjuk dan arahan dari Kapolri dan Panglima TNI, kehadiran TNI dan Polri adalah untuk mendisiplinkan protokol kesehatan di ruang publik yang telah ditetapkan oleh Gugus Tugas.

“Kita mendisiplinkan dengan cara memastikan protokol kesehatan benar-benar dilaksanakan  di ruang publik dan dipatuhi oleh masyarakat apa tidak,” kata AKBP Leonard M Sinambela saat meresmikan Stasiun Blitar sebagai Stasiun Tangguh Semeru, Senin (22/6/2020).

Lebih lanjut Leonard menyampaikan, personil TNI dan Polri langsung disiagakan ketika protokol kesehatan telah siap. Mereka telah disiapkan di stasiun Blitar dan Terminal Patria.

“Protokolnya di masing-masing tempat siap sesuai dengan tugasnya Tim Gugus Tugas. Baru nanti petugas TNI dan Polri hadir  untuk mendisiplinkan,” pugkasnya.

Sementara Kepala Stasiun Blitar, Yana Hadiyana mengatakan, di Stasiun Blitar sendiri protokol kesehatan sudah diberlakukan sejak calon penumpang memasuki area stasiun. Selain wajib pakai masker dan melalui pengecekan suhu tubuh, calon penumpang kereta api jarak jauh wajib membawa surat keterangan bebas Covid-19, yang menerangkan hasil rapid test ataupun swab test.

“Saat ini  yang sudah beroperasi jarak jauh yaitu KA Kahuripan Blitar-Bandung. Dan penumpang  jarak jauh harus ada surat keterangan bebas Covid-19. Biasanya diperoleh setelah melalukan Rapid Test ataub Swab Test. Kalau tidak ada surat keterangan tidak bisa berangkat,” tegas Yana Hadiyana.

Yana menambahkan, bagi mereka yang gagal berangkat karena terkendala surat keterangan bebas Covid-19, uang tiket akan dikembalikan 100 persen.

“Bagi penumpang  yang berangkat karena tidak membawa surat keterangan bebas Covid-19, uang tiket akan dikembalikan 100 persen,” pungkas Kepala Stasiun Blitar. (Fajar AT)

Cari Surat Sehat, Sopir Freelance asal Kota Blitar Dan 5 Sopir Lainnya Diketahui Positif Covid-19
Antre Masuk Pabrik Gula RMI, Truk Tebu Bikin Macet Total Jalur Blitar-Malang
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.