Kepala Kelurahan Tawangsari, Mujito menemui warganya yang mempermasalahkan pembagian Bantuas Sosial Tunai (BST)

BERITABLITAR.COM – Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kelurahan Tawangsari Kecamatan Garum Kabupaten Blitar diduga tidak tepat sasaran. Akibatnya puluhan warga setempat menggruduk Kantor Kelurahan Tawangsari, Selasa (9/6/2020). Mereka menuntut kepala kelurahan mundur dari jabatannya, jika tidak segera menyelesaikan masalah penyaluran BST tersebut.

Denny Saputra salah satu warga Kelurahan Tawangsari mengatakan, pembagian atau penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) tidak tepat sasaran. Dari 168 KK penerima BST dari Kementerian Sosial, ada sekitar 60 yang salah sasaran.

“Kami punya banyak data dan catatan. Orang meninggal, pindah domisili, pensiunan PNS dan orang mampu tetap masuk data. Sementara masyarakat yang jelas-jelas tidak mampu dan layak mendapatkan bantuan justru tidak terdaftar,” kata Denny Saputra, Selasa (9/6/2020).

Denny menambahkan, sejak disalurkannya BST tahap pertama, masyarakat ingin berkoordinasi soal perbaikan data penerima bersama pemerintah kelurahan, namun tidak pernah direspon. Bahkan, warga juga meminta kelurahan memasang daftar penerima BST namun tidak pernah dilakukan oleh pihak kelurahan.

“Sebenarnya kami ingin menjalin komunikasi dan berkoordinasi  bersma pemerintah kelurahan terkait perbaikan data. Namun kepala kelurahan tidak memiliki etikat baik untuk melibatkan warga untuk berpartisipasi dalam perbaikan data,” tandasnya.

Sementara Kepala Kelurahan Tawangsari, Mujito mengaku, pembagian sudah sesuai prosedur. Dan kesalahan tersebut karena terlambat memasang perbaruan data penerima BST. Sedangkan terkait warga minta kepala kelurahan mundur, pihaknya menyerahkan kepada Bupati Blitar sebagai atasannya.

“Sudah saya perintahkan ke staf kami untuk segera memasang, namun kami akui memang kesalahan kami karena keterlambatan pemasangan data,” ujar Mujito. (Fajar AT)

Dishub Kabupaten Blitar Sosialisasi Jarak Aman Berhenti di Traffic Light Bagi Kendaraan R2
Kapolres Blitar Kota Beri Pengarahan Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas Terkait Kampung Tangguh Semeru
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.