Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Istana Gebang Kota Blitar

BERITABLITAR.COM – Di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19, Pemerintah Kota Blitar memilih melakukan rangkaian peringatan Hari Kelahiran Pancasila secara sederhana, Senin (1/6/2020). Pada peringatan Hari Lahir Pancasila ke 75 di Kota Blitar ini, tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya.

Peringatan Hari Lahir Pancasila ini, diawali dengan upacara virtual langsung dengan Presiden Joko Widodo bersama jajaran Kabinet Indonesia Maju. Upacara virtual ini digelar kantor  Kominfo Kota Blitar, mulai pukul 07.45 WIB hingga 08.45 WIB.

Usai upacara virtual, kemudian dilanjutkan dengan upacara di halaman Istana Gebang Kota Blitar yang diikuti beberapa perwakilan OPD. Meski sederhana, upacara yang dipimpin Wali Kota Blitar Santoso itu berlangsung khidmat. Sebagian peserta upacara memakai pakaian adat dan peserta lainnya menggunakan pakaian Soekarno Look.

Selain Wali Kota Blitar, Santoso, nampak hadir dalam upacara ini, Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M Sinambela, Dandim 0808 Blitar, Letkol Inf. Kris Bianto, Kajari Blitar, Bangkit Sormin, Wakil Ketua DPRD Kota Blitar, M Yasin, serta Kepala OPD di lingkup Pemkot Blitar.

Wali Kota Blitar, Santoso usai memimpin upacara mengatakan, seluruh peserta dalam upacara tersebut juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Mereka diwajibkan memakai masker, dan sebelum memasuki halaman Istana Gebang semua peserta harus menjalani pengecekan suhu tubuh. Selama upacara berlangsung, seua petugas dan peserta upacara juga menerapkan physical distancing (jaga jarak).

“Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini dilakukan sangat sederhana, namun tidak mengurangi makna dari peringatan Hari Lahir Pancasila. Tentunya untuk mencegah penyebaran Covid-19, kami tetap menerapkan protokoler kesehatan,” kata Santoso, Senin (1/6/2020)

Usai upacara di halaman Istana Gebang, Wali Kota dan jajaran Forpimda Kota Blitar menuju Makam Bung Karno untuk berziarah. Selanjutnya melakukan bakti sosial bagi-bagi sembako dan masker kepada warga masyarakat di sekitar Makam Bung Karno.

Wali Kota Blitar menyampaikan, masyarakat sekitar Makam Bung Karno ini, semenjak  terjadi pandemi COVID-19 terdampak perekonomiannya. Karena mereka menggantungkan ekonomi dari tempat wisata religi itu.

“Usai berziarah ke Makam Bung Karno, kami juga langsung menggelar baksos membagikan sembako kepada masyarakat sekitar MBK. Ini sesuai tema peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini yaitu ‘Pancasila Dalam Tindakan Gotong Royong Menuju Indonesia Maju’ serta sesuai kondisi di tengah pandemi Corona saat ini,” tandasnya.

Santoso juga mengajak masyarakat melaksanakan salah satu ajaran Bung Karno, yaitu, gotong royong dalam menangkal pandemi Corona. Semua elemen masyarakat bersatu menjalankan imbauan pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Semua elemen masyarakat kami ajak disiplin menjalankan imbauan dari pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19. Hanya dengan kedisiplinan itu kita mampu memotong penyebaran virus Corona. Mari kita semua menerapkan perilaku hidup sehat, pakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan,” pungkas Wali Kota Blitar. (Fajar AT)

Menuju New Normal, Walikota dan Kapolres Blitar Kota Sidak Pasar Tradisional
Belasan Pemuda Langgar Protokol Kesehatan dan Lalu Lintas Digiring Ke Mapolres Blitar Kota
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.