Petugas memeriksa Travel asal Tulungagung di Pos Check Point Kademangan Blitar, Jalan Raya Jimbe

BLITAR – Kedapatan membawa penumpang mudik, sebuah travel asal Tulungagung diamankan Satlantas Polres Blitar. Sementar 5 penumpang asal Kabupaten Tulungagng ini disuruh balik arah ke Tulungagung dengan dicarikan mobil tumpangan oleh petugas.

Kasatlantas Polres Blitar, AKP Yoppy Anggi Krisna mengatakan, kejadian tersebut bermula ketika kendaran Inova abu-abu AG 1292 SW melintas penjagaan atau penyekatan di Pos Check Point Kademangan Blitar (Jalan Raya Jimbe), Kamis (14/5/2020) sekitar pukul 09.00 dari arah Tulungagung.

“Mobil travel ini diberhentikan petugas saat melintas di Jalan Raya Jimbe dengan membawa 5 penumpang. Mereka  berangkat dari Tulungagung menuju Malang,” kata AKP Yoppy Anggi Krisna.

Lebih lanjut Yoppy menyampaikan, awalnya sopir beralasan membawa keluarga, namun petugas tidak percaya begitu saja. Akhirnya petugas meminta penumpang turun satu persatu untuk dimintai keterangan. Semua penumpang disuruh mengumpulkan KTP untuk didata.

“Setelah masing-masing penumpang dimintai keterangan, diketahui satu penumpang menelfon sebuah agen travel di Tulungagung untuk pergi ke Malang. Dari keterangan inilah akhirnya mau tidak mau semua penumpan dan sopir mengaku bahwa kendaraan tersebut adalah travel dengan plat nomor hitam,” paparnya.

Yoppy menambahkan, atas kejadian ini, sopir travel tersebut dilakukan penindakan tilang menggunakan Pasal 308 Jo 173 Ayat 1 Huruf (A dan B) UU no 22 th 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Kepada sopir travel, kita lakukan tindakan penilangan. Semua penumpang diharuskan menjalani tes kesehatan dan pungukuran suhu badan. Selanjutnya semua penumpang dikembalikan ke daerah asal dengan mencarikan tumpangan kendaraan. Sementara mobil Inova (travel) kami tahan di Mapolres Blitar,” imbuhnya.

Sejak 24 April 2020 Polres Blitar telah mendirikan empat Pos Check Point untuk menghalau pemudik masuk Kabupaten Blitar.  Keempat pos check point itu masing-masing berada di Kecamatan Selorejo, Kanigoro, Kademangan dan Krisik Gandusari.

Dari awal hingga saat ini, berdasarkan data Satlantas Polres Blitar ada sebanyak 156 kendaraan roda 2 (R2) berplat nomor luar kota yang dihalau dan diminta putar balik. Sedangkan untuk kendaraan roda 4 (R4) berjumlah 352 kendaraan. Dan kendaraan umum sebanyak 2 kendaraan. (Fajar AT)

Warga Kediri Terdampak Covid-19, Terima Bantuan Dari Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Jatim VI
Pasien Positif Corona Asal Srengat Blitar Dinyatakan Sembuh
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.