Oleh : Grisnanda Septi AsikTiyan,

Mahasiswa Kesejahteraan Sosial, Universitas Muhammadiyah Malang

Semua orang pasti merasa bahwa dirinya sehat dan baik-baik saja bukan ? Bisa membuka mata dan menjalankan aktivitas seperti biasa sudah cukup bagi orang awam. Namun mereka tidak mengetahui seberapa penting menjaga kesehatan mental. Kurangnya pengetahuan mengenai kesehatan mental membuat banyak orang meremehkan masalah ini.

Lalu, apakah definisi kesehatan mental menurut WHO?

 Jadi, definisi kesehatan mental menurut WHO merupakan status kesejahteraan dimana setiap orang dapat menyadari secara sadar terkait kemampuan dirinya, kemudian dapat mengatasi berbagai tekanan dalam kehidupannya, dan dapat bekerja secara produktif yang berimbas pada kemampuan dirinya dalam memberikan kontribusi pada lingkungan sekitar. Jadi dapat kita pahami bahwa kesehatan mental adalah kondisi dimana ketika seseorang dinyatakan sehat maka akan tercipta kesejahteraan secara jasmani, rohani maupun sosial terjadi secara bersamaan.

Bersamaan dengan kondisi saat ini, menjaga kesehatan mental menjadi sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Seperti yang kita ketahui #dirumahaja menjadi penyelamat bagi bangsa Indonesia. Kita diwajibkan untuk tetap berada didalam rumah guna untuk mencegah penyebaran Covid-19 agar tidak meluas. #dirumahaja digaungkan disetiap sosial media yang ada. Selama masa karantina ini rasa bosan, cemas bahkan stress mungkin saja bisa menyerang kita semua. Hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

Agar tetap merasa betah dirumah selama pandemic ini kita bisa mempelajari hal baru agar terhindar dari rasa bosan dan menjadi betah untuk tetap dirumah, selain itu juga penting bagi kita untuk mematuhi peraturan pemerintah.

Hal-hal yang dapat diakukan saat #dirumahaja :

Melakukan hal-hal yang baru seperti memasak menu makanan yang baru bagi anda. Coba cari tahu resep-resep yang banyak tersedia di internet.

Selain itu mencoba hobi baru yang menantang juga dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Bercocok tanam dirumah juga dapat menghasilkan rasa senang atau bahagia manakala kita dapat memanen hasilnya.

Karena hanya berada di dalam rumah, olahraga menjadi hal penting yang harus kita lakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Ini adalah cara menjaga kesehatan mental yang mudah dan gampang karena olahraga dapat meningkatkan rasa percaya diri anda dan membantu anda lebih berkonsentrasi. Tidak harus olahraga yang bersifat berat, cukup dengan olahraga kecil seperti melakukan senam dipagi hari. Pilihlah aktivitas fisik yang anda senangi agar anda merasa lebih bahagia.

Hal yang lebih menyenangkan yang dapat anda lakukan adalah mendekorasi rumah anda. Mengubah posisi setiap barang yang ada dirumah guna menghasilkan suasana yang baru. Jangan lupa tambahkan aksesoris atau hiasan yang bisa mempercantik rumah anda.

Selain hal-hal diatas anda juga perlu untuk mempelajari cara mengatasi stress.

Apakah stress itu ?

Stress adalah reaksi seseorang baik secara fisik maupun emosional (mental/psikis) apabila ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan seseorang menyesuaikan diri. Meski stres merupakan hal umum dan pernah dialami oleh semua orang, yang tidak umum adalah stres yang berlebih dan dalam jangka waktu yang lama. Stress yang dibiarkan secara terus menerus akan menimbulkan depresi. Untuk mengatasi hal tersebut maka anda perlu mengatur stres dengan baik. Bercerita mengenai perasaan anda pada orang lain dapat meringankan beban pikiran yang anda rasakan. Selalu menjaga baik komunikasi dengan orang sekitar juga sangat membantu anda dalam mengatasi rasa stress yang terjadi pada diri anda. Hal ini, membantu anda merasa percaya diri dan mendapat dukungan emosional dari orang lain. Karena anda memiliki banyak waktu yang luang dirumah, cobalah untuk berbincang dengan anggota keluarga dirumah.

Itulah hal-hal yang dapat anda lakukan saat #dirumahaja yang bertujuan untuk menjaga kesehantan mental agar terhindar dari stress dan masalah mental yang lainnya. Selama kondisi pandemic ini mari kita tetap mematuhi peraturan pemerintah agar kondisi ini segera berakhir dan kita semua dapat menjalankan aktivitas seperti biasa. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan. (*)

Bocah 10 Tahun Ditemukan Tak Bernyawa di Sungai Lekso
Anaknya Butuh Susu, Tukang Bangunan di Blitar Curi Handphone Seharga Rp 11 Juta
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.