Petugas Satlantas Polres Blitar terus melakukan pemeriksaan kendaraan dari luar kota yang akan masuk wilayah Kabupaten Blitar

BLITAR – Pemeriksaan kendaraan dari luar kota baik Roda 4 (R4) atau Roda 2 (R2) yang akan masuk wilayah Kabupaten Blitar terus dilakukan. Hingga saat ini, Rabu (29/4/2020), Satlantas Polres Blitar sudah menghalau untuk putar balik 67 kendaraab roda 4 (R4), dan 25 kendaraan roda 2 (R2) dari luar kota yang akan mudik atau memasuki wilayah Kabupaten Blitar.

Kapolres Blitar, AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya mengatakan, kegiatan penyekatan Covid-19 di Pos Check Point ini, akan tetap terus dilakukan. Polres Blitar akan mengembalikan kendaraan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kearah asal.

“Guna mencegah dan meminimalisir penyebaran virus Corona (Covid 19 ), dan mewujudkan situasi yang kondusif di wilayah hukum Polres Blitar, Kita lakukan pengecekan identitas pengemudi atau penumpang dan tujuan kemana, juga kontrol kondisi kesehatan,” kata AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya, Rabu (29/4/2020).

Lebih lanjut AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya menyampakan, Polres Blitar tegas dalam menjalankan instruksi pemerintah. Jika ada kendaraan pemudik masuk wilayah Blitar, pihaknya akan langsung menghalau dan meminta kendaraan putar balik kembali ke daerah asalnya.

“Kami akan melakukan tindakan tegas namun tetap humanis dengan meminta para pemudik putar balik. Apalagi jika pemudik tersebut berasal dari zona merah penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Fanani menyebut, kententuan para pemudik yang diminta putar balik diantaranya, jika KTP Blitar, tapi tidak bekerja di Blitar itu sama dengan mudik atau pulkam, mereka tidak boleh masuk Blitar. Jika KTP bukan Blitar tetapi tidak bekerja di Blitar dan punya keluarga di Blitar atau mau lewat saja ke Blitar, itu sama artinya mudik atau pulkam ke Blitar atau daerah lain, mereka harus balik kanan tidak boleh masuk Blitar.

Fanani mencontohlan, jika dia bekerja di Blitar tetapi tinggal diluar kota, misal rumah Malang, dan kerja di Blitar. Yang bersangkutan harus dimintai kartu pegawai atau identitas kalau dia benar bekerja di Blitar. Jika tdk ada berarti statusnya mudik. Namun jika ada, boleh masuk Blitar.

“Intinya Kendaraan R2 dan R4 yang masuk wilayah Kabupaten Blitar, kita cek sedetil-detilnya,” pungkas Kapolres Blitar. (Fajar AT)

Polres Blitar Bedah Rumah Tak Layak Huni
Sosialisasi Melalui Edukasi, Prodi Gizi Universitas Binawan Gelar Webinar Nasional
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.