Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M Sinambela didampingi Bupati Blitar, Rijanto, Kasdim 0808/Blitar Mayor Inf Leo Eutatius, mengunjungi Pos Cek Poin di Perbatasan wilayah Kabupaten Blitar – Kabupaten Kediri

BLITAR – Polres Blitar Kota mendirikan 3 Pos Cek Poin di perbatasan masuk wilayah Kabupaten Blitar bagian Barat dan Utara yang mesuk wilayah hukum Polres Blitar Kota. Diantaranya, Pos Cek Poin di wilayah Kecamatan Wonodadi perbatasan Blitar – Tukungagung,  Kecamatan Udanawu perbatasan Blitar-Kediri, dan Kecamatan Ponggok perbatasan Blitar-Kediri.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela mengatakan, pendirian Pos Cek Poin Operasi Ketupat Semeru 2020 di wilayah Kabupaten Blitar ini dilakukan untuk mengantisipasi masyarakat yang mudik dari luar Blitar. Diharapkan bisa mengendalikan, memperlambat dan memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di wilayah Blitar Raya.

“Dengan adanya posko-posko tersebut diharapkan dapat mengantisipasi kerawanan-kerawanan seperti kemacetan, laka lantas dan kerawanan tindak kejahatan serta screening kesehatan bagi pemudik yang masuk ke wilayah Kabupaten Blitar,” kata AKBP Leonar M Sinambela, Minggu (26/4/2020).

Lebih lanjut Leonard menyampaikan, Pos  Cek Poin ini untuk mengantisipasi penyebaran Corona dengan mengahalau pemudik  yang nekat masuk Kabupaten Blitar dari arah Barat dan Utara.

“Bagi warga yang nekat melanggar akan diberikan sanksi tegas, diantaranya berupa sanksi pengalihan atau putar balik ke tempat asal. Dalam pemeriksaan kendaraan dari luar kota yang masuk wilayah hukum Polres Blitar Kota, hingga saat ini petugas belum mendapatkan masyarakat yang mudik,” tandasnya.

Kapolres Blitar Kota menambahkan , dalam peninjauan Pos Cek Poin Operasi Ketupat Semeru 2020 di wilayah Kabupaten Blitar ini, Kapolres Blitar Kota beserta jajaran didampingi Bupati Blitar, Rijanto, Kasdim 0808/Blitar Mayor Inf Leo Eutatius, juga membagikan ekstra fooding bagi petugas posko untuk buka puasa.

Sedangkan dari arah Timur, Polres Blitar mendirikan 4 Pos Cek Poin. Keempat Pos Cek Poin itu, masing-masing berada di Kecamatan Selorejo, Kanigoro, Kademangan dan Kecamatan Krisik. Keempat Pos Cek Poin ini berada di jalur perbatasan menuju wilayah hukum Polres Blitar.

Kapolres Blitar, AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya mengatakan, Polres Blitar tegas dalam menjalankan instruksi pemerintah. Jika ada kendaraan pemudik masuk wilayah Blitar pihaknya akan langsung menghalau dan meminta kendaraan putar balik kembali ke daerah asalnya.

“Kami akan melakukan tindakan tegas namun tetap humanis dengan meminta para pemudik putar balik. Apalagi jika pemudik tersebut berasal dari zona merah penyebaran Covid-19,” kata AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya.

Saat ini Presiden Joko Widodo resmi melarang mudik lebaran untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19). Menindak lanjuti hal itu, Bupati Blitar Rijanto menegaskan, agar warga Kabupaten Blitar yang sedang merantau ke luar daerah ataupun luar negeri mematuhi larangan tersebut.

“Demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19, saya harap semua warga Kabupaten Blitar yang sedang merantau mengikuti kebijakan ini,” tegas Bupati Blitar. (Fajar AT)

Baru 2 Hari Diberlakukan Pos Cek Poin, 13 Mobil Dihalau Balik Arah
Pasutri Asal Wates Positif Corona Merupakan Klaster Pelatihan Petugas Haji Kemenag
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.