Petugas menjeput pasien OTG yang positif Covid-19 di rumahnya Kecamatan Wates Kabupaten Blitar untuk diisolasi di RSU Ngudi Waluyo Wlingi

BLITAR  – Dua pasien positif virus Corona atau Covid-19 baru asal Kecamatan Wates Kabupaten Blitar merupakan pasangan suami istri. Sala satu dari mereka adalah seorang pria 42 tahun, petugas dari Kemenag Kabupaten Blitar yang sempat mengikuti pelatihan calon petugas haji di Asrama Haji Sukolilo Surabaya dan istrinya yang berusia 41 tahun.

Direktur RSUD Ngudi Waluyo Wlingi, Endah Woro Utami mengatakan, keduanya terkonfirmasi positif Covid-19, namun tanpa gejala atau OTG. Sebelumnya hasil awal rapid test pasien pria 42 tahun itu negatif. Namun setelah dokter Puskesmas Wates yang punya kontak erat dengannya dinyatakan positif, tim medis punya keyakinan yang bersangkutan juga harus diswab bersama istrinya sebagai orang terdekat  yang  pernah kontak erat.

“Di Kecamatan Wates pasien positif tanpa gejala. Ditambah hasil rapid test juga negatif ini justru mudah menularkan ke orang lain utamanya orang terdekat jika tidak diisolasi. Selain itu, karena merasa dirinya aman dan sehat, mereka bebas pergi kemana saja, sehingga sangat berbahaya,” kata Endah Woro Utami, Sabtu (25/4/2020).

Lebih lanjut Endah Woro menyampaikan, sesuai protokol panduan test swab baru dilakukan jika hasil rapid test positif. Namun tim medis RSUD Ngudi Waluyo punya keyakinan yang bersangkutan harus segera diswab. Karena dokter Puskesmas Wates yang sebelumnya kontak erat dengan yang bersangkutan dinyatakan positif. 

“Ternyata benar, hasilnya juga positif,” tandasnya.

Endah Woro  menambahkan, hasil swab keduanya, keluar Jumat (24/4/2020) kemarin. Kemudian usai berkoordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar, petugas medis langsung menindaklanjuti dengan mengecek ke kediaman yang bersangkutan.

“Kemaren langsung kami tindak lanjuti, kami cek apa benar-benar tanpa gejala atau ada keluhan. Namun tidak jujur karena takut diisolasi di rumah sakit. Usai petugas melaksanakan buka puasa, kemarin mereka langsung dijemput di rumahnya,” pungkas Endah Woro. (Fajar AT)

Halau Pemudik Masuk Blitar, Polres Blitar Kota Dirikan 3 Pos Cek Poin Di Perbatasan
Satlantas Polres Blitar Halau Balik Kendaraan Luar Kota Yang Masuk Wilayah Blitar
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.