Laporan situasi deteksi dan kewaspadaan Covid-19 di Kabupaten Blitar

BLITAR – Kepala Kemenag Kota Blitar, Solekan (53) yang meninggal 3 April 2020 lalu, sebelumnya berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Hasil tes swab yang diumumkan Selasa, (14/4/2020) ini, memastikan yang bersangkutan positif terinfeksi virus Corona atau Covid-19. Hal ini dipastikan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, dr Kuspardani mengatakan, sebelum berstatus PDP, Solekan mengikuti pelatihan calon petugas haji di Asrama Haji Sukolilo.  Usai mengikuti pelatihan pasien mengalami gejala klinis batuk, demam dan sesak nafas. Pasien juga memiliki riwayat penyakit jantung.

“Iya benar, hasil tes swab PDP kluster pelatihan calon petugas haji yang meninggal itu, positif terinfeksi Covid-19,” kata dr. Kuspardani.

Sementara juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti menambahkan, Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar memastikan pihaknya telah menelusuri orang-orang yang pernah kontak erat dengan Kepala Kemenag Kota Blitar itu. Bahkan, semua orang yang pernah kontak erat telah menjalani rapid test, dan hasilnya semua dinyatakan negatif Covid-19.

“Hasil rapit tes, semua orang yang pernah kontak erat dengan pasien dinyatakan negatif,” imbuh Krisna Yekti.

Dengan terkonfirmasinya satu pasien positif ini, data komulatif positif Corona di Kabupaten Blitar menjadi 2 orang. Sebelumnya satu warga Kecamatan Nglegok juga terkonfirmasi positif Corona  setelah kembali dari Bogor Jawa Barat, dan dinyatakan sembuh setelah sempat dirawat di RSUD Pare Kediri.

Hingga saat di Kabupaten Blitar, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 621 orang, dengan rincian, 3 ODP dirawat di rumah sakit, 470 sudah selesai masa pemantauan 14 hari, dan 148 masih dalam masa isolasi mandiri. Sedangkan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 8 orang, dengan rincian 5 orang sudah sembuh, 2 orang masih dalam perawatan, dan 1 orang meninggal dunia. (Fajar AT)

Terdampak Corona, 600 Pengemudi Non Online Di Blitar Terima Bantuan Dari Korlantas Polri
Polres Blitar Kota Kontrol Posko Mudik Covid-19 Di Stasiun Blitar Dan Terminal Patria
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.