Petugas memeriksa kendaraan yang akan masuk ke wilayah Blitar

BLITAR – Tim gabungan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten bersama Polres Blitar Kota melaksanakan kegiatan cek poin pemeriksaan kendaraan pada wilayah perbatasan antara Kabupaten Blitar dengan Kabupaten Kediri.  

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (11/4/2020) di jalan raya Udanawu Kabupaten Blitar (Perbatasan wilayah Kabupaten Blitar – Kabupaten Kediri ) ini, selain Kapolres Blitar Kota juga diikuti unsur Pemkab Blitar, Polsek, Koramil dan petugas kesehatan.

Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M Sinambela mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai langkah antisipasi mulai melonjaknya arus mudik lebih awal. Mengingat di beberapa wilayah khususnya di Jakarta dan sekitarnya sudah diberlakukan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB),

“Jadi dalam kegiatan ini, kita mengantisipasi meningkatnya mobilitas masyarakat yang pulang mudik mendahului. Kita lakukan pemeriksaan selektif prioritas terhadap kendaraan luar kota, kendaraan transportasi umum, dan kendaraan-kendaraan yang penumpangnya cukup banyak,” kata AKBP Leonard M Sinambela.

Lebih lanjut Leonard menyampaikan, adapun pemeriksaan yang dilakukan meliputi, pengecekan suhu tubuh dengan menggunakan termogun, pendataan apakah penumpang tersebut merupakan bagian dari pemudik atau bukan yang meliputi identitas, tujuan dan dari mana.

“Pertama kita lakukan pengecekan suhu tubuh dengan menggunakan termogun, kemudian kita lakukan pendataan, apakah mereka merupakan pemudik atau memang warga di sekitar yang sedang beraktivitas,” jelasnya.

Kapolres Blitar Kota menambahkan, selain melakukan pengecekan, dalam kesempatan tersebut, petugas juga mendisiplinkan, menghimbau masyarakat agar menggunakan masker apablia beraktivitas di luar.

“Ini merupakan bagian dari instruksi pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19,” pungkasnya.

Dalam kegiatan cek poin pemeriksaan kendaraan pada wilayah perbatasan antara Kabupaten Blitar dengan Kabupaten Kediri tersebut, tidak diketemukan orang mudik di wilayah hokum Polres Blitar Kota, tidak ditemukan orang dengan suhu tubuh diatas 38 derajat. Kendaraan yang ber Nomor Polisi dari luar daerah, kebanyakan orang Blitar yang baru pulang dari bekerja. (Fajar AT)

Setelah Dikarantina 11 Orang di Kabupaten Blitar Dinyatakan Bebas Corona
Satu Lagi PDP Corona Asal Kabupaten Blitar Meninggal Dunia
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.