Laporan situasi deteksi dan kewaspadaan Covid-19 di Kabupaten Blitar

BLITAR – RSUD dr Iskak Tulungagung merawat dua Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Kabupaten Blitar. Mereka berasal dari Kecamatan Wonodadi dan Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar.

Dikatakan jubir Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Blitar, Krisna Yekti, satu PDP seorang ibu rumah tangga asal Kecamatan Wonodadi tidak pernah pergi ke episentrum corona maupun ke daerah zona merah. Namun beberapa waktu lalu, ada anggota keluarga yang meninggal, dan banyak saudara yang dari Surabaya datang kemudian berinteraksi.

“Setrelah berinteraksi, dia kemudian mengalami gejala klinis dan langsung memeriksakan diri ke RSUD dr Iskak Tulungagung”, kata Krisna Yekti, Rabu (8/4/2020).

Lebih lanjut Krisna Yekti menyampaikan, sedangkan untuk satu PDP asal Kecamatan Udanawu, Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar belum mendapatkan informasi lebih lanjut. PDP asal Udanawu ini juga seorang perempuan.

“Kami belum menerima informasi detail riwayat perjalanannya untuk yang dari Udanawu. Saat ini yang bersangkutan juga diisolasi di RSUD dr Iskak Tulungagung. Dan sudah di swab, namun  hasilnya belum keluar,” tandasnya.

Krisna Yekti menghimbau kepada warga Kabupaten Blitar agar lebih disiplin dalam menerapkan social distancing dan physical distancing. Hal ini untuk meminimalisir dan memutus mata rantai, paparan virus Corona dari seorang carrier (pembawa virus).

“Kita tidak tahu riwayat orang yang berinteraksi dengan kita. Untuk memutusmata rantai penyebaran virus Corona, kita harus mematuhi sosial dan physical distancing”, tegasnya.

Di Kabupaten Blitar hingga Rabu 8 April 2020, tercatat ada 1 positif Corona, 1 pasien positif telah dinyatakan sembuh. Kemudian 7 PDP dengan rincian, 3 dinyatakan sembuh, 2 meninggal dunia dan 2 masih menjalani perawatan di RSUD dr Iskak Tulungagung. Sementara untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada 551 dengan rincian, 288 selesai dipantau, 263 masih dalam proses pemantauan. (Fajar AT)

Satu Lagi PDP Corona Asal Kabupaten Blitar Meninggal Dunia
Pria ODGJ Di Blitar Diketemukan Tewas Gantung Diri
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.