Petugas memeriksa penumpang yang baru turun dari Kereta Api di Stasiun Wlingi Blitar

BLITAR – Polres Blitar melalui Sat Lantas menggelar Operasi Keselamatan Semeru 2020. Operasi yang digelar selama 14 hari, mulai 6 April hingga 20 April 2020 ini, sebagai upaya untuk menekan dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Kapolres Blitar, AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya, S.I.K mengatakan, kegiatan operasi Sat Lantas ini sengaja dirancang berbeda dengan operasi sebelumnya.

“Jika sebelumnya menitik beratkan pada titik-titik yang dinilai rawan. Namun untuk Operasi Keselamatan Semeru 2020 ini, difokuskan pada kegiatan himbauan, dan pengendalian tentang bahaya penyebaran covid 19 kepada para pengendara kendaraan bermotor maupun para penumpang angkutan umum”, kata AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya, Senin (6/4/2020).

Lebih lanjut Fanani menyampaikan, meski mengkedepankan preemtif dan preventif. Penegakkan hukum tetap dilakukan hanya kepada pelanggar lalu lintas yang berpotensi menimbulkan korban. Selain itu Kapolres juga menghimbau agar masyarakat untuk tidak mudik dan tetap tinggal di rumah masing-masing.

“Ini untuk menghindari penyebaran virus, terutama dari daerah-daerah yang sudah dikategorikan zona merah. Ini berpotensi membahayakan kesehatan keluarga dikampung halaman”, jelas Fanani.

Fanani menambahkan, Operasi Keselamatan Semeru 2020 ini, juga untuk menciptakan kondisi tertib bagi pengguna jalan menjelang pelaksanaan Ramadhan dan Lebaran 2020.

“Anggota yang bertugas tidak akan segan melakukan penegakan hukum terhadap pengguna jalan yang melanggar peraturan lalu lintas. Untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat agar tetap dan wajib memenuhi standar keselamatan dan kelengkapan berkendara”, pungkas Kapolres Blitar. (Fajar AT)

Diduga Sopir Ngantuk, Truk Gandeng Seruduk Rumah Warga Blitar
Anggota Polres Blitar Kota Peduli Petugas Medis RSUD Mardi Waluyo
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.