Plt Walikota Blitar, Santoso

BLITAR  – Hari Jadi Kota Blitar diperingati tiap 1 April. Untuk merayakan peringatan hari jadi ini, Pemkot Blitar biasanya menggelar rangkaian kegiatan selama sebulan. Diantaranya agenda yang paling ditunggu warga Kota Blitar adalah Pawai Budaya dan Bazar Blitar Djadoel.

Namun tahun ini Pemerintah Kota Blitar tidak akan menggelar peringatan hari jadi. Secara resmi Pemkot telah membatalkan seluruh rangkaian peringatan hari jadi ke-114 tahun 2020 tersebut dan menggeser semua anggarannya  untuk penanganan virus Corona (Covid-19). Hal ini disampaikan Plt Walikota Blitar, Santoso.

“Upaya kita menangani wabah ini secara tuntas lebih penting. Selain itu sebagian besar kegiatan peringatan hari jadi yang banyak mengumpulkan massa. Semua anggaran yang fokusnya ke hari jadi kita alihkan ke penanganan Covid-29,” kata Santoso, Selasa (31/3/2020).

Lebih lanjut Santoso menyampaikan, total anggaran peringatan hari jadi Kota Blitar yang akan dialihkan untuk penanganan Covid-19 mencapai Rp 15 miliar. Anggaran itu akan digunakan untuk pengadaan kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas medis, masker, hand sanitizer, serta cairan desinfektan.

“Sekarang masalahnya anggaran ada, tapi barang susah didapatkan. Namun akan terus kita upayakan. Kita upayakan untuk bisa mendapatkan berbagai macam kebutuhan tenaga medis. Baik itu APD, masker, hand sanitizer maupun cairan desinfektan,” jelasnya.

Santoso menambahkan, nantinya anggaran itu juga akan digunakan untuk mengantisipasi dampak ekonomi masyarakat Kota Blitar akibat virus Corona. Pemkot Blitar akan memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak wabah virus Corona. Misalnya para buruh yang tidak bisa kerja serta para pedagang kaki lima dan tukang becak di lokasi wisata yang ditutup sementara.

“Semua elemen masyarakat Kota Blitar yang terdampak dengan kondisi sekarang ini, akan kita sisir dan kita data kemudian kita beri bantuan sembako,” pungkasnya. (Fajar AT)

Di Kota Blitar Didirikan Dua Posko Pengecekan Penumpang Luar Kota
Cegah Penyebaran Corona, Kejari Blitar Lakukan Penerimaan Tersangka Melalui Video Conference
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.