Ketua Bawaslu Kota Blitar, Bambang Arintoko pantau proses rekrutmen calon anggota PPK di Pilwali Kota Blitar 2020.

BERITABLITAR.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar telah melaksanakan proses rekrutmen calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Pilwali Kota Blitar 2020. Untuk mengawasi proses rekrutmen anggota PPK tersebut, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Blitar menerjunkan anggota Panwascam. Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu Kota Blitar, Bambang Arintoko.

“Untuk melakukan pengawasan proses rekrutmen anggota PPK, kami menerjunkan Panwascam dan ditambah dari sekretariat. Sedangkan komisioner hanya melakukan supervisi,” kata, Bambang Arintoko, Selasa (21/1/2020).

Lebih lanjut Bambang menyampaikan, selain itu Bawaslu juga sudah memetakan potensi kerawanan-kerawanan dalam proses rekrutmen calon anggota PPK di Pilwali Kota Blitar 2020. Ada sejumlah potensi kerawanan dalam proses rekrutmen PPK.

“Sejumlah potensi kerawanan itu, diantaranya terkait periodisasi, belum cukup umur, calon suami/istri penyelenggara atau bukan, bukan pengurus parpol, dan bukan tim kampanye pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota,” jelas Bambang.

Bambang menandaskan, dalam persyaratan rekrutmen PPK Pilwali 2020 di KPU Kota Blitar, calon anggota PPK tidak boleh menjabat dua kali periode berturut-turut pada jabatan yang sama. Calon anggota PPK tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara Pemilu.

Calon anggota PPK tidak menjadi tim kampanye peserta Pemilu dan/atau Pemilihan yang dinyatakan dengan surat pernyataan sah atau paling singkat 5 tahun tidak lagi menjadi tim kampanye Peserta Pemilu dan/atau Pemilihan yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah.

Calon anggota PPK juga tidak menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah atau paling singkat 5 tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik yang bersangkutan.

“Itu beberapa hal yang perlu diantisipasi dalam proses rekrutmen calon anggota PPK,” tandasnya.

Sementara Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Rangga Bisma Aditya mengatakan, proses pendaftaran calon anggota PPK dilaksanakan mulai 18 Januari hingga 24 Januari 2020 mendatang.

“Hingga saat ini, sudah ada 50 orang yang mendaftar sebagai calon anggota PPK di KPU Kota Blitar. Dimana calon anggota PPK di Kecamatan Kepanjenkidul ada 9 pendaftar, di Kecamatan Sananwetan 5 pendaftar, dan di Kecamatan Sukorejo ada 6 pendaftar,” jelas Rangga Bisma Aditya.

Rangga menyebut, di masing-masing kecamatan, KPU Kota Blitar hanya butuh lima anggota PPK.

“Kota Blitar hanya memiliki tiga kecamatan, sehingga KPU hanya butuh 15 anggota PPK untuk  tiga kecamatan,” pungkasnya. (Fajar AT)

Diduga Sakit Jantung, Pegawai Dinas PUPR Kabupaten Blitar Meninggal di Kantor
Komisi III DPRD Kota Blitar Berang, Pembangunan Pasar Legi Belum Kelar
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.