Prajurit Mojopahit yang diperankan anggota Satlantas Polres Blitar menjaga Pos Pengamanan (Pos Pam) di Taman Idaman Hati Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar

BERITABLITAR.COM – Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020, Satlantas Polres Blitar mendirikan Pos Pengamanan (Pos Pam) di beberapa titik. Pos Pam yang didirikan di Taman Idaman Hati, Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar ini tidak seperti Pos Pam seperti biasanya. Namun Pos Pam ini dibangun dengan gaya atau suasana kerjaan Mojopahit lengkap dengan Raja beserta prajuritnya yang diperankan para anggota satlantas Polres Blitar.

Nampak pada dinding Pos Pam dikelilingi berbagai gambar relief Candi Penataran yang juga merupakan peninggalan jaman Kerajaan Majapahit. Selain berkostum ala prajurit kerajaan, ada sejumlah petugas yang juga berpakaian lengkap .

Sontak kondisi Pospam tersebut menjadi perhatian warga yang melintas depan Taman Idaman Hati di Jalan Bromo Wlingi. Bahkan banyak warga yang memanfaatkan pospam ini sebagai tempat berselfie ria.

April, salah satu warga mengaku tertarik dengan adamyaPos Pam bertemakan kerajaan ini, karena selain unik juga bisa untuk ajang berfoto.

“Ini menarik, karena pos seperti ini baru pertama kali dan unik. Saya bisa selfie dan upload ke Facebook atau Instagram,” kata April,  (23/12/2019).

Sementara Wakapolres Blitar, Kompol Arif Kristanto mengatakan, Candi Penataran merupakan salah satu bangunan kompleks percandian terbesar di Jawa Timur. Berlokasi di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, kabupaten Blitar .Candi Penataran yang juga dikenal dengan nama Candi Palah ini menjadi salah satu landmark yang ada Kabupaten Blitar.

“Tujuannya untuk tema Pos Pam candi Penataran ini, selain untuk mengenalkan kebudayaan daerah juga sekaligus untuk mengakat tema kearfian lokal ,”kata Kompol Arif Kristanto.

Lebih lanjut Arif menyampaikan, fungsi pos tersebut didirikan untuk mengamankan warga yang ingin menjalani ibadah Natal , sekaligus merayakan malam pergantian tahun baru .

“Tujuan dirikan Pos Pam ini untuk pengamanan masyarakat yang merayakan misa natal atau melewatkan pergantian tahun. Total ada 2 pos pengamanan, yaitu di wilayah Wlingi dan Kanigoro”, pungkas Wakapolres Blitar.

Selain 2 pos pengamanan (Pos Pam) di  wilayah Wlingi dan Kanigoro, Satlantas Polres Blitar juga mendirikan Pos Pantau di berbagai titik di daerah wilayah hukum Polres Blitar. Diantaranya di lokasi wisata yang ramai, yaitu Pos Pantau pantai Tambakrejo, Pos Pantau pantai Serang, Pos Pantau pantai Jolosutro,  Pos Pantau pantai Pangi, Pos Pantau Kampung Coklat, Pos Pantau simpang 4 Gawang dan Pos Pantau Selorejo. (Fajar AT).

Forpimda Kabupaten Blitar Beserta Pemuda Lintas Agama Kunjungi Gereja di Malam Natal
Ganggu Masyarakat Rayakan Natal dan Tahun Baru, Polisi Akan Tindak Tegas
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.