BERITABLITAR.COM – Untuk menjaga situasi kondusif menjelang Natal dan Tahun Baru, Polres Blitar Kota memusnahkan sebanyak 3.212 botol minuman keras (miras) dari berbagai merek, Kamis (19/12/2019). Pemusnahan ribuan botol miras di depan Mapolres Blitar Kota tersebut merupakan hasil operasi cipta kondisi menjelang Natal dan Tahun Baru.

Sebelum dilakukan pemusnahan miras, Polres Blitar Kota menggelar apel pasukan persiapan Operasi Lilin Semeru 2019. Ribuan botol miras itu dimusnahkan dengan cara digilas menggunakan alat berat. Nampak para pejabat secara simbolis ikut memusnahkan ribuan botol miras.

Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M Sinambela mengatakan, apel yang diikuti sejumlah pejabat Forpimda Kota Blitar dan Kabupaten Blitar dan 200 pasukan gabungan ini, untuk mengetahui kesiapan pasukan dalam pelaksanaan Operasi Lilin Semeru  2019 menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020.

“Apel ini untuk mengetahui kesiapan pasukan gabungan dalam pelaksanaan Operasi Lilin Semeru  2019. Sementara ribuan botol miras ini, hasil operasi selama sebulan di wilayah hukum Polres Blitar Kota,” kata AKBP Leonard M Sinambela.

Lebih lanjut Leonard menyampaikan, operasi cipta kondisi ini untuk menjaga situasi kondusif menjelang Natal dan Tahun Baru di wilayah hukum Polres Blitar Kota. Terutama soal peredaran miras oplosan yang paling membahayakan masyarakat.

“Miras oplosan ini yang paaling berbahaya, karena sering kali membuat orang yang mengkonsumsinya meninggal”, tandasnya.

Kapolres Blitar Kota menyebut, terkait persiapan Operasi Lilin Semeru, Polres Blitar Kota menerjunkan sekitar 200 personil gabungan dari Polri, TNI, Pemda, dan sukarelawan. Polres Blitar Kota juga mendirikan tiga pos untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru.

Sementara dalam operasi Lilin Semeru 2019 ini, Polres Blitar telah mendirikan tiga pengamanan. Diantaranya di Alun-alun Kota Blitar, Srengat, dan Penataran.

Kapolres menambahkan, pelaksanaan Operasi Lilin Semeru ini, polisi fokus soal pengaman arus lalu lintas. Termasuk melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2020.

“Saat perayaan Natal dan Tahun Baru. Kami fokus mengamankan titik-titik keramaian. Termasuk di kawasan tempat wisata dan Gereja,” imbuhnya.

Selain itu, terorisme juga menjadi bagian konsentrasi polisi saat perayaan Natal dan Tahun Baru. Kejahatan-kejahatan konvensional saat perayaan Natal dan Tahun Baru, seperti kejahatan pencurian, peredaran narkoba dan miras menjadi perhatian dalam Operasi Lilin Semeru 2019. (Fajar AT)

Polres Blitar Siap Gelar Bhayangkara Adventure Seven
Jelang Natal Dan Tahun Baru, Polres Blitar Periksa  Kelaikan Angkutan Umum Dan Kesehatan Pengemudinya 
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.