BERITABLITAR.COM – Dalam menghadapi bencana memasuki musim hujan, Polres Blitar Kota menggelar apel kesiap siagaan penanggulangan bencana dan pengecekan peralatan, Kamis (12/12/2019). Saat musim hujan di wilayah Blitar, bencana banjir dan angin puting beliung tetap perlu diwaspadai .

Usai apel kesiap siagaan penanggulangan bencana, Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M Sinambela mengatakan, dalam menghadapi musim hujan Polres Blitar Kota menyiagakan 250 pasukan gabungan dari Polri, TNI, BPBD, Tagana, dan relawan. Bahkan, sejumlah peralatan untuk penanggulangan bencana juga sudah disiapkan.

“Saat terjadi bencana di wilayah Blitar, kami siap melakukan penanggulangan. Saat ini musim pancaroba, rawan terjadi bencana, terutama angin puting beliung dan banjir,” kata AKBP Leonard M Sinambela, Kamis (12/12/2019).

Lebih lanjut Leonard menyampaikan, potensi terjadi bencana alam cukup tinggi saat musim pancaroba. Di sejumlah wilayah di Indonesia termasuk di Jatim sudah terjadi bencana banjir dan angin puting beliung.

“Dalam menghadapi bencana di wilayah Blitar, sejumlah peralatan seperti kendaraan, perahu karet, alat pemotong pohon, dan alat-alat manual juga sudah siap,” ujarnya.

Kapolres Blitar Kota menambahkan, untuk wilayah Blitar, yang perlu diantisipasi peristiwa bencana angin puting beliung dan banjir. Namun bencana longsor dan luapan Sungai Brantas saat musim hujan juga perlu diwaspadai.

“Yang perlu kita waspadai di awal-awal musim hujan yaitu angin puting beliung dan banjir,” tanasnya.

Sementara Kepala Bakesbangpol dan Penanggulangan Bencana Daerah (PBD) Kota Blitar, Hakim Sisworo mengaku sudah memetakan wilayah rawan bencana di Kota Blitar.

“Untuk wilayah Kota Blitar, yang perlu diwaspadai bencana banjir dan angin puting beliung”, ujar Hakim Sisworo.

Hakim menambahkan, selain itu, masyarakat juga perlu mewaspadai bencana longsor. Hakim menyebut, wilayah rawan longsor di Kota Blitar berada di Kelurahan Gedog.

“Untuk peralatan penanggulangan, kami bekerjasama dengan OPD lainnya,” pungkas Hakim Sisworo. (Fajar AT)

Pengaspalan Jalan Halmahera Dikomplin Warga, Komisi III DPRD Kota Blitar Cek Ke Lokasi
Patung Bung Karno Di Dalam Stasiun Blitar Diresmikan Dirut KAI
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.