Lima pejabat eselon I di lingkup Pemkot Blitar dilantik Plt Wali Kota Blitar, Santoso

BERITABLITAR.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar kembali melakukan mutasi jabatan tingkat eselon II di Balai Kota Kusumo Wicitro, Jumat (27/09) pagi. Pada penyegaran jabatan itu sebanyak lima pejabat dilantik langsung oleh Plt Walikota Blitar.

Adapun lima pejabat yang mengikuti pelantikan jabatan tinggi (PJT) itu diantaranya, Jatmiko Budi Santoso menjadi Asisten Administrasi Umum dan Pembangunan dimana sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Kemudian Muhammad Sidik yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pendidikan dilantik menjadi Kepala Bappeda, Didik Hariadi Manipoli Aji yang sebelumnya menjanat Asisten Pemerintahan dan Kesra dilantik sebagai Staf Ahli, Agus Salim sebagai Staf Ahli seperti sebelumnya, dan tetakhir Hermansyah Permadi yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, kini menjabat sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesra.

Plt Walikota Blitar, Santoso ditemui usai pelantikan mengatakan, mutasi yang dilakukan sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Prosesnya telah memakan waktu yang lama. Menurutnya mutasi ini sebagai bentuk penyegaran organisasi agar bisa bekerja lebih maksimal.

“Prosesnya panjang. Setelah selesai seleksi, kita melaporkannya ke Kememdagri. Nah pekan lalu turun SKnya, makanya hari ini kita lantik,” kata Santoso.

Lebih lanjut Santoso menyampaikan, pejabat yang baru dimutasi segera menyesuaikan di lingkungan barunya. Mengingat saat ini sudah memasuki akhir triwulan 3, sehingga harus gencar mengejar target program kegiatan yang sudah direncanakan melalui APBD 2019.

Santoso menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya juga segera melakukan penataan jabatan pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang kosong. Karena sesuai aturan, enam bulan sebelum Pilkada 2020 tidak diperbolehkan melakukan mutasi.

“Untuk OPD yang kosong karena Kepalanya dimutasi hari ini, pekan depan akan segera diisi dengan Pelaksana tugas (Plt). Kalau untuk pengisian jabatan definitif, perlu proses panjang. Kemungkinan baru tahun depan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Blitar, Suyoto mengatakan, mutasi pejabat eselon II itu merupakan tindak lanjit dari mutasi pejabat eselon III beberapa waktu lalu. Mutasi yang dilakukan sudah melalui sejumlah pertimbangan, mulai dari kompetensi, hingga adanya kekosongan jabatan yang harus diisi.

“Ada beberapa OPD yabg masih diisi Plt, seperti Dinas Koperasi dan Satpol PP. Makanya setelah ini tahapan berikutnya mengisi jabatan lowong melalui lelang. Baru setelah ada hasilnya ditata secara keseluruhan,” jelas Suyoto. (Fajar AT / hms / Adv)

PMII Blitar Gelar Tabur Bunga dan Salat Ghoib Di Mapolres Blitar
Plt Wali Kota Blitar Terima Kunjungan Anak Yatim
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.