Upacara peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 Tahun 2019 di aloon aloon Kota Blitar

BERITABLITAR.COM – Memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 Tahun 2019, Pemerintah Kota Blitar menggelar Upacara di Aloon-aloon Kota Blitar, Senin (09/09/2019). Ikut hadir dalam upacara tersebut diantaranya, Sekda Kota Blitar, jajaran Forkopimda, pejabat di lungkup Pemkot Blitar, Pengurus KONI dan para atlit Kota Blitar.

Plt. Wali Kota Blitar, Santoso dalam sambutannya, membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, dimana salah satu poinnya  yaitu, ajakan berolahraga dengan tema “Ayo Olahraga, Dimana saja, Kapan saja”.

“Tema ‘Ayo Olahraga, Dimana saja, Kapan saja’ ini mengandung makna, bahwa olahraga itu sangatlah mudah, karena dapat dilakukan dimana dan kapan saja. Masyarakat tidak terpaku bahwa olahraga hanya dapat dilakukan di fasilitas olahraga yang tersedia,” kata Santoso.

Lebih lanjut Santoso menyampaikan, pembinaan atlet muda berbakat yang di dukung oleh talent identification dan talent scouting yang tepat, telah dibuktikan pula pada perhelatan ASEAN Schools Games (ASG) 2019 di Semarang. Dalam event tersebut, Indonesia tidak sekadar sukses menjadi tuan rumah dan memenuhi target juara umum. Namun secara keseluruhan, Indonesia mampu melampaui target dengan mengoleksi 43 emas, 34 perak, dan 25 perunggu.

“Kita ketahui tahun 2018 pada perhelatan Asian Games dan Asian Paragames, kita mendapat kado yang istimewa dari para atlit nasional. Peringkat ke 4 pada ajang Asian Games 2018 dengan perolehan 98 medali yang terdiri dari 31 Emas, 24 Perak dan 43 Perunggu. Dan yang lebih membanggakan atlit Disabilitas mampu mencatatkan sejarah baru kita menjadi peringkat kelima ajang Asian Paragames 2018 dengan perolehan 135 medali yang terdiri dari 37 Emas, 47 Perak dan 51 Perunggu,” lanjut Santoso dalam membacakan amanat Menpora.

Ditambahkannya,  hal itu pertanda bahwa Indonesia telah menata fondasi olahraga prestasi yang cukup kuat dimulai dari usia dini, atlit unggulan dan atlit Disabilitas. Dengan demikian, Indonesia  telah memiliki harapan besar untuk membangun olahraga prestasi dengan melakukan pembinaan secara berjenjang

“Tahun ini kita telah menyiapkan atlit-atlit yang akan bertanding dalam perhelatan Olimpiade dan Paralimpiade Tahun 2020 yang akan diselenggarakan di Tokyo,” imbuhnya.

Plt Wali Kota Blitar juga menandaskan, untuk optimalisasi pemassalan dan pembudayaan olahraga, sesuai Intruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang juga ditindaklanjuti dengan Peraturan Menpora RI Nomor 18 Tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga,

“Olahraga harus menjadi kebutuhan hidup dan menjadi gaya hidup. Permasalahan terbesar saat ini yakni derajat kebugaran masyarakat Indonesia yang masih rendah. Maka dengan Gerakan Ayo Olahraga diharapkan akan menjawab permasalahan tersebut,” tandasnya.

Mantan Sekda Kota Blitar ini dikhir sambutannya juga mengucapkan Selamat memperingati Hari Olahraga Nasional ke-36, semoga kedepan semua warga Negara Indonesia tanpa kecuali dapat mencintai olahraga dan memposisikan olahraga sebagai pilihan dan gaya hidup sehat dan bugar.

“Melalui peringatan Haornas ini, kita kuatkan lagi prestasi olahraga untuk menuju pentas yang lebih besar yaitu di Olimpiade dan Paralimpiade mendatang,” pungkasnya. (Fajar AT/hms/adv)

Gelorakan Cintai Papua, Anggota Polres Blitar Gelar Formasi We Love Papua
Plt Wali Kota Blitar Buka Diskusi Politik
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.