Upacara Pisowanan Agung di Pendopo Ronggo Hadi Negoro

BERITABLITAR.COM – Pemerintah Kabupaten Blitar menggelar Pisowanan Agung di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Senin (05/08/2019). Kegiatan ini merupakan puncak Hari Jadi Kabupaten Blitar ke-695. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan ini diawali dengan upacara di Alun-alun Blitar yang dipimpin Wakil Bupati Blitar, Marhaenis Urip Widodo.

Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM ditemui usai prosesi upacara Pisowanan Agung menyampaikan, tema Pisowanan Agung kali ini, yaitu “Dengan Semangat Huruf Hambangun Praja, Kita Bangun Kabupaten Blitar Semakin Maju dan Indonesia Semakin Unggul”. Harapannya Kabupaten Blitar semakin kompak, dan semakin mempunyai semangat dalam membangun daerah. Sehingga visi misi Bupati dan Wakil Bupati Blitar untuk membangun daerah semakin sejahtera, maju dan berdaya saing bisa terwujud.

“Kita harus semakin kompak untuk mewujudkan visi misi, yaitu membangun daerah semakin sejahtera, maju dan berdaya saing. Saya yakin kalau kita kompak dan semangat, pasti bisa terwujud,” jelas Rijanto.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, Kirab Hambangun Praja untuk tema Hari Jadi Blitar ke-695 mengsung tema ‘Kiblat Papat Limo Pancer’. Sementara

tujuan diadakan kirab agar masyarakat tahu bahwa 5 agustus adalah hari jadi Kabupaten Blitar, sekaligus menggaungkan huruf hambangun praja kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Kirab ini juga emakin meningkatkan pertumbuhan ekonomi rakyat, karena dimasing-masing kecamatan ada malam kesenian, ada tontonan yang disaksikan ribuan masyarakat. Nah, disitulah pelaku UKM dan kuliner menampilkan suguhannya, termasuk makanan khas blitar,” ujarnya.

Bupati menandaskan, pada 3 Agustus 2019 lalu merupakan puncak kirab Huruf Hambangun Praja di Kanigoro. Malamnya telah diadakan even ‘Trotoar Blitar Festival’. Namun Bupati menyebut kedepannya kegiatan itu diganti nama menjadi ‘Blitar Palah Festival’.

“Blitar artinya daerah kita, kemudian palah adalah nama sebenarnya candi penataran. Jadi diharapkan candi peninggalan purbakala semakin dikenal dikhalayak ramai,” tandasnya. Festival yang digelar di sekitar Pendopo Sasana Adi Praja diikuti dengan Fashion Show Batik, Drum-Band, Parade Mobil Hias, Tarian Mubeng Blitar dan juga perform dari artis-artis lokal. (Fajar AT/hms)

Pemkot Blitar Gelar Lomba Baris Berbaris Tingkat Instansi
Mahasiswa KKN 142 UMM Berkontribusi Dalam “Kirab Agung Pusoko Kabupaten Blitar” Di Dusun Tugurejo Desa Sragi Kecamatan Talun
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.