Petugas Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupten Blitar memeriksa hewan yang akan dipergunakan untuk hewan korban.

BERITABLITAR.COM – Mendekati Hari Raya Idul Adha, Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Peternakan dan Perikanan  mulai melakukan pemeriksaan hewan kurban, Selasa (30/7/2019). Pemeriksaan hewan kurban ini dilakukan di pasar hewan Srengat, Wlingi, Ponggok, Lodoyo dan Kesamben.

Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan Dan Perikanan Kabupaten Blitar, Samsul Arif mengatakan,

pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui kelayakan hewan yang akan dikurbankan. Baik dari segi kesehatan maupun secara syariah Islam.

Samsul Arif menyebut, item yang diperiksa yaitu dari segi usia hewan, diketahui dengan cara memeriksa gigi. Serta memastikan fisik hewan kurban tidak mengalami kecacatan.

“Untuk pengecekan secara fisik rata-rata hewan kurban aman. Artinya tidak ada yang cacat maupun  tanda-tanda yang mengarah ke penyakit hewan menular,” kata Samsul Arif, Selasa (30/7/2019).

Lebih lanjut Samsul menyampaikan, pemeriksaan ini juga dilakukan untuk memberi rasa aman kepada masyarakat yang akan membeli hewan kurban. Sehingga masyarakat mendapatkan hewan kurban yang aman, sehat, utuh dan halal.

“Pemeriksaan ini juga bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akan membeli maupun mengkonsumsi hewan kurban,” tandasnya.

Sementara di pasar hewan terpadu Wlingi, sejumlah pedagang hewan mengaku senang dengan upaya yang dilakukan Dinas Peternakan Dan Perikanan Kabupaten Blitar.

“Kami menyambut baik, karena dengan seperti ini pembeli jadi lebih mantap untuk memberi hewan kurban ini,” ujar Lukman, salah satu pedagang sapi di pasar hewan terpadu Wlingi.

Usai memeriksa hewan kurban petugas Dinas Peternakan Dan Perikanan Kabupaten Blitar, juga memberikan tanda berupa kalung kepada hewan kurban. Jika hewan tersebut sudah diperiksa dan sudah dipastikan layak untuk dijadikan hewan kurban. (Fajar AT)

Akibat Kemarau Panjang, Warga Desa Tugurejo  Blitar Selatan Terpaksa Pakai Air Kotor
Target Operasi RSUD Srengat 2020 Berpotensi Bisa Terwujud
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.