Ratusan pelajar dari PAUD, TK, SD, dan SMP, serta guru dan juga Kepala Sekolah menghadiri lounchin Paket Wisata Pelajar

BERITABLITAR.COM – Melalui Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora), Pemerintah Kabupaten Blitar membuat sebuah gebrakan untuk mempromosikan wisata di Kabupaten Blitar. Gebrakan yang dimaksud yaitu program paket wisata bagi pelajar.

Program Paket Wisata Pelajar ini dilaunching Bupati Blitar di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Selasa (23/07/2019). Nampak ratusan pelajar dari PAUD, TK, SD, dan SMP, serta guru dan juga Kepala Sekolah menghadiri lounchin ini.

Dalam sambutannya Bupati Blitar, Drs H Rijanto mengatakan, dengan adanya program Paket Wisata Pelajar ini diharapkan wisata di Kabupaten Blitar akan menggeliat. Karena didukung didukung Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar. Selain itu, kedepan diharapkan Kememnag juga turut mendukung program ini, sehingga Madrasah juga ikut terlibat dalam mengenalkan obyek wisata yang ada di Kabupaten Blitar.

“Ada sekitar 400 anak kita ajak kewisata untuk mengenalkan beberapa obyek wisata. Jadi yang dikunjungi wisata negeri dongeng, kesambi trees Park, dan negeri sakura. Ini hanya contoh, banyak potensi wisata di Kabupaten Blitar yang harus dikunjungi,” kata Rijanto.

Lebih lanjut Rijanto menandaskan, masyarakat harus mengetahui wisata yang ada di Kabupaten Blitar. Utamanya para pelajar, harus mengetahui wisata di Kabupaten Blitar sebelum mengunjungi ataupun mengetahui wisata di luar daerah.

“Pertumbuhan masyarakat semakin meningkat. Belum lagi pendidikan bagi para siswa. Jadi misalkan anak-anak berkunjung ke pantai Serang, nanti mereka akan membuat tulisan. Nah mungkin dari tulisan itu banyak sumbangsih untuk Kabupaten Blitar,” tandas Rijanto.

Sementara itu, Kepala Disparbudpora Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso mengatakan, program Paket Wisata Pelajar merupakan perintah Bupati sejak 2 tahun lalu. Namun karena ada kendala baru bisa terealisasi tahun ini. Menurut Suhendro, program ini terwujud manakala ada kerjasama yang baik antara seluruh steakholder pariwisata dan pegiat wisata, pengelola travel, pegiat destinasi, dan lain-lain.

“Kita terus berupaya menghidupkan wisata yang dimiliki. Salah satunya menarik pengunjung dengan program paket wisata ini. Selain itu, pendidikan karakter bisa ditanamkan ke anak-anak, melalui pengenalan sejarah dan lain-lain,” jelas Suhendro Winarso.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Budi Kusumarjaka, bahwa program ini sudah digagas sejak beberapa tahun lalu oleh Bupati. Namun saat itu tidak ada jembatan penghubung antara Disparbudpora dengan Dinas Pendidikan. Sehingga program itu tidak bisa terealisasi.

“Tentunya melalui program ini, saya berharap semua warga Dinas Pendidikan mengenal wisata yang ada di Kabupaten Blitar. Karena banyak nilai sejarah didalamnya,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar. (Fajar AT/hms)

Polisi Tetapkan Penyedia Jasa Sewa Kosan Mesum Blitar Sebagai Tersangka
BPBD Kabupaten Blitar Dropping 40 Tangki Air Bersih ke Sejumlah Desa
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.