Pembangunan RTH di Kanigoro Gagal Dilaksanakan Tahun ini

BERITABLITAR.COM – Pembangunan pasar Kanigoro yang berada di Kelurahan Satreyan Kanigoro hingga kini belum selesai. Hal ini menyebabkan relokasi pedagang pasar Kanigoro ke tempat yang baru tak kunjung dilakukan. Selain itu juga berdampak pada rencana pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di simpang empat Kanigoro.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar, Krisna Triatmono mengatakan, perencanaan pembangunan RTH sudah disusun. Bahkan, telah disediakan anggaran sekitar Rp 10 miliar dalam APBD 2019. Namun sayangnya hal tersebut tidak mungkin direalisasikan lantaran area yang hendak dimanfaatkan ini masih digunakan oleh pedagang pasar kanigoro.

“Waktunya tidak memungkinkan, karena saat ini pasar Kanigoro yang baru belum selesai. Sehingga relokasi pedagang juga belum dilakukan,” kata Krisna Triatmono, Senin (22/07/2019).

Krisna mengaku, ada beberapa kendala teknis yang memicu gagalnya pembangunan RTH ini. Seperti lelang untuk pembangunan pasar Kanigoro tahap dua yang tidak lancar. Sehingga terpaksa harus dilelang ulang. Akibatnya, waktu penyelesaian gedung tersebut menjadi molor. Hal ini secara otomatis berpengaruh terhadap pembangunan RTH.

“Lokasi yang hendak dibangun RTH tersebut kan pasar Kanigoro. Itu nanti dibuat taman kota, ada air manucur, kurang lebih seperti di taman pecut yang di Kota Blitar. Dan tentu penganggarannya ini juga tidak sebentar,” tandasnya.

Lebih lanjut Krisna menyampaikan, karena tidak mungkin dikerjakan tahun ini, anggaran untuk RTH tersebut akan dirasionalisasi. Artinya, ditarik oleh Bapeda dan dialokasikan untuk kegiatan lain yang masih memungkinkan di kerjakan tahun ini. Bukan untuk kegitan di DLH melainkan juga didistribusikan kesejumlah Organisasi Perangkat Daerah yang lain.

“Jadi tidak dibiarkan menjadi sisa lebih penggunaan anggaran (silpa) 2019,” tandasnya.

Krisna optimis, RTH atau taman kota di Kanigoro ini bakal dilaksanakan tahun 2020 mendatang. Itu karena perencanaan pembangunan sudah selesai dan akhir tahun ini pedagang pasar kanigoro sudah menempati pasar yang baru.

“Meski APBD 2020 masih proses, tapi kita yakin RTH akan terlaksana 2020 nanti,” pungkasnya. (Fajar AT)

BPBD Kabupaten Blitar Dropping 40 Tangki Air Bersih ke Sejumlah Desa
Tes Urine Akan Diberlakukan Sebelum Menikah
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.