Ribuan anggota koperasi, juga masyarakat setempat serta pelajar mengikuri jalan sehat Harkonas ke 72

BERITABLITAR.COM ­ Bupati Blitar memberangkatkan jalan sehat di depan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Wlingi, Minggu (21/7/2019). Jalan sehat dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-72 tahun 2019 ini diikuti ribuan anggota koperasi, juga masyarakat setempat serta pelajar.

Selain  Bupati Blitar, jalan sehat dengan rute sekitar 5 kilometer ini juga diikuti sejumlah OPD terkait, seperti Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Blitar.

Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM dalam sambutannya mengajak seluruh anggota koperasi untuk meningkatkan kinerjanya. Mengingat saat ini koperasi juga harus beradaptasi dengan era millenial. Dengan demikian, kondisi koperasi di Kabupaten Blitar bisa terus berkembang.

“Saya ucapkan selamat Hari Koperasi Nasional ke-72, semoga koperasi di Kabupaten Blitar terus berkembang. Harapannya, keberadaan koperasi ini juga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. Nah, dengan demikian tingkat kemiskinan akan berkurang,” kata Rijanto, Minggu (21/7/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Rijanto juga terus mendorong semua koperasi untuk meningkatkan kemampuan atau kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), karena saat ini sudah diera serba teknologi. Bupati khawatir, jika tidak segera menyesuaikan, koperasi di Kabupaten Blitar tidak bisa berkembang.

“Ini sudah sesuai tema Harkopnas tahun ini, yaitu Reformasi Total Koperasi di Era Reformasi 4.0. Makanya harus disadari koperasi harus memiliki kesiapan dan bekal sumber daya yang handal didasari tekad untuk siap berubah dalam mensikapi kondisi saat ini. Karena tantangan semakin berat,” tandasnya.

Bupati menandaskan, Dinas Koperasi juga harus terus melakukan pendampingan dan pembinaan. Sehingga kondisi koperasi di Kabupaten Blitar bisa sehat dan eksis.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Blitar, Tuti Komaryati mengatakan, jalan sehat ini merupakan rangkaian peringatan Harkopnas ke-72. Tuti menyebut, peringatan hari koperasi merupakan momentum kebangkitan koperasi dan menumbuhkan semangat kebersamaan koperasi. Sehingga bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan jati dirinya.

“Hasil pendataan kita sampai 2018 akhir mencapai 976 koperasi. Dari jumlah itu sebanyak 465 koperasi masih aktif, dan 200 koperasi sudah melakukan rapat anggota tahunan (RAT),” ujar Tuti Komariyati. (Fajar AT/hms)

Dishub Kota Blitar Usulkan Rp 200 Juta Untuk Bangun Polisi Tidur
Bupati Blitar Ajak Koperasi Tingkatkan Kinerja
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.