BERITABLITAR.COM – Untuk mengantisipasi dan mencegah peredaran narkoba di tingkat desa, Badan Nasional Narkotika (BNN)  Kabupaten Blitar menggelar pembekalan kepada para Perangkat Desa, Kegiatan yang digelar di Hotel Puri Perdana, Kamis (18/7/2019) ini untuk mewujudkan Desa Bersinar (Bersih Narkoba) di Kabupaten Blitar.

Kepala BNN Kabupaten Blitar, AKBP Agustianto mengatakan, sengaja menggandeng dan merangkul para pejabat dan juga Perangkat Desa, karena mereka yang yang paling mengetahui situasi dan kondisi desanya masing-masing. Selain itu, BNN tidak mau di tingkat pedesaan menjadi tempat transaksi narkoba.

Agus menyebut, kerawanan suatu wilayah tergantung pada jumlah masyarakat. Di mana setiap ada masyarakat pasti ada kegiatan mengarah ke tindak pidana.

“Guna mencegah masuknya narkoba, kami mengoptimalkan peran dari perangkat desa, karena mereka yang paling mengetahui situasi dan kondisi desanya masing-masing,” kata Agustianto, Kamis (18/7/2019).

Rata-rata para perangkat desa yang juga menjadi pegiat anti narkoba ini masih kebingungan, jika di desanya ada warga yang terindikasi atau terkontaminasi narkoba.

“Mohon dijelaskan oleh BNN kami harus berbuat apa, jika di desa kami ada warga yang terindikasi sebagai pemakai dan pengguna narkoba. Karena di desa kami ada kejadian ada pengguna dan meninggal karena narkoba. Untuk melaporkannya kami juga takut.”t tanya Bandiono,salah-satu perangkat Desa PanggungRejo.

Menjawab pertanyaan tersebut, Agustianto menjelaskan, BNN akan melindungi narasumber atau pelapor, karena hal tersebut dilindungi oleh Undang-Undang. Selain itu, pihak
BNN juga akan merahasiakan narasumber yang melapor ke BNN.

“Hukumnya Fardhu ain bagi kami untuk melindungi nara sumber. 

Kami akan berikan pemahaman kepada para perangkat Desa, agar mampu bertindak jika di desanya ada pengguna atau terindikasi menggunakan narkoba. Dan kami akan melindungi narasumber,,” pungkas Kepala BNN Kabupaten Blitar. (Fajar AT)

Warga Talun Blitar Sewakan Rumah Untuk Tempat Mesum Pelajar
Pemkot Blitar Gelar Upacara Hari Koperasi Nasional ke 72
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.