Kepala Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Krisna Yekti

BERITABLITAR.COM  – Kasus Hepatitis A atau penyakit kuning telah mewabah di Pacitan dan Ponorogo. Ratusan warga setempat tercatat menderita penyakit tersebut. Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar ternyata juga menemukan kasus serupa di wilayahnya.

Kepala Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Krisna Yekti mengatakan, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, hingga Mei 2019 tercatat ada 15 orang menderita Hepatitis A.

“Penyakit ini menular dengan cepat. Penderita di Blitar merupakan santri dari salah satu pondok pesantren yang ada di Kecamatan Sanankulon,” kata Krisna Yekti, Senin (01/07/2019).

Lebih lanjut Krisna menyampaikan, awalnya hanya ada lima santri yang menderita Hepatitis A, namun karena tertular jumlah penderita menjadi 15 santri. Atas kasus ini, Dinkes Kabupaten Blitar langsung melakukan penanganan dengan merujuk ke rumah sakit dan memulangkan santri ke rumahnya agar tidak semakin mewabah.

“Saat ini 15 santri pondok ini dinyatakan sembuh. Tetapi kita terus melakukan pemantauan secara intensif,” tandas Krsna.

Krisna menambahkan, penularan penyakit Hepatitis A sangat cepat, bisa melalui udara saat berbincang, maupun karena menggunakan peralatan makan secara bergantian.

“Untuk mencegak terjadinya penularan, kami membina pondok pesantren untuk mengantisipasi penularan, seperti menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan,” ujarnya.

Krisna mengaku, sampai saat ini, pihaknya tidak menerima laporan lain penularan penyakit Hepatitis A. Dians Kesehatan Kabupaten Blitar memastikan akan terus melakukan antisipasi dini agar tidak terjadi wabah penyakit. (Fajar AT)

Pringati Hari Bhayangkara, Satlatas Polres Blitar Kota Bagi SIM Gratis
Polres Blitar Bongkar Sindikat Penjual Mobil Bodong
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.