Petugas gabungan menggelar kegiatan cek kelaikan jalan angkutan umum maupun angkutan lainnya dan tes urine, serta pemeriksaan kesehatan meliputi tensi darah, kolesterol, dan gula darah di Terminal Patria.

BERITABLITAR.COM – Mendekati arus mudik hari raya Idul Fitri 1440 H, Polres Blitar Kota bersama Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan Kota Blitar, serta pengelola terminal Patria menggelar kegiatan cek kelaikan jalan angkutan umum maupun angkutan lainnya dan tes urine, serta pemeriksaan kesehatan meliputi tensi darah, kolesterol, dan gula darah di Terminal Patria, Jumat (24/5/2019).

Dalam operasi gabungan ini, petugas selain melakukan tes urine kepada puluhan sopir bus, kendaraan umum dan angkutan barang, petugas juga memeriksa kelaikan kendaraan tersebut. Dari 80 sopir yang diperiksa hasilnya negatif, namun hasil tes kesehatan diketahui sekitar 40 persen lebih mengalami tekanan darah tingi dan kolesterol.

Tujuan cek kelaikan jalan angkutan umum maupun angkutan lainnya dan pemeriksaan kesehatan kepada para sopir ini adalah untuk memastikan kesiapan angkutan lebaran kelaikan kendaraan. Selain itu memastikan juga bahwa kondisi kesehatan para awak kendaraan itu dalam kondisi yang baik, tidak terpengaruh zat-zat adetif narkotika, juga kesehatan dalamnya bagus seperti kolesterol, jantung, tekanan darah dan sebagainya.

“Ini upaya kita bersama untuk menjamin keselamatan dalam kegiatan pengamanan arus mudik dan balik Idul Fitri, khususnya di wilayah hukum Polres Blitar Kota,” kata Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Negara Siregar mengatakan, disela-sela operasi gabungan, Jumat (24/5/2019).

Lebih lanjut Adewira menyampaikan, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap menjelang kegiatan-kegiatan besar yang dilakukan masyarakat. Diharapkan semoga kegiatan ini bisa membawa manfaat yaitu kesiapan kendaraan untuk meminimalitas kecelakaan lalu lintas dan para pengemudi, para awak kendaraan kondisinya fit.

“Sehingga ketika menjalankan tugasnya, melayani masyarakat untuk mengantarkan dari satu tempat ke tempat yang lain dalam kondis yang fit. Dengan demikian kecelakaan bisa diminimalisir dan otomatis kegiatan arus mudik dan arus balik bisa berjalan dengan baik, sehingga semuanya selamat, lancar tidak ada masalah yang berarti,” jelas Kapolres Blitar Kota.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar, M Muchlis mengatakan, hasl tes urine negatif. Namun untuk hasil pemeriksaan kesehatan, justru rata-rata para sopir mengalami penyakit darah tinggi dan kolesterol.

“Dari 80 sopir yang diperiksa hasilnya negatif, namun dari hasil tes kesehatan diketahui sekitar 40 persen lebih mereka mengalami tekanan darah tingi dan kolesterol. Mereka kami sarankan harus rutin berobat agar tensi darahnya turun,” kata M. Muchlis. (Fajar AT).

Pria Tanpa Identitas Ditemukan Tewas Di Pinggir Jalan Hutan Jati Brongkos Blitar
Jelang Lebaran, Jumlah Armada Bus Antar Kota di Terminal Patria Bertambah
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.