Talkshow Pembauran Kebangsaan “Merajut Harmonisasi Persatuan Kesatuan Pasca Pesta Demokrasi”

BERITABLITAR.COM – Plt Walikota Blitar, Santoso melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Kota Blitar, Wikandrio membuka kegiatan talkshow pro rakyat dengan tema “Merajut Harmonisasi Persatuan Kesatuan Pasca Pesta Demokrasi”, Selasa (14/05/2019) di Balai Kota Kusumowicitro. Kegiatan ini diikuti pulihan mahasiswa dan sejumlah pihak terkait.

Dalam sambutannya, Wikandrio membacakan pesan dari Plt Walikota Blitar. Satu diantara pesan yang disampaikan adalah mengajak semua masyarakat Kota Blitar untuk kembali bersatu pasca pesta demokrasi 17 April 2019 lalu. Dijelskannya, rekapitulasi pemilu tingkat kota telah selesai, dan kini menunggu rekapitulasi tingkat pusat.

“Kita bersyukur pemilu di Kota Blitar berjalan aman, lancar, dan damai. Bahkan tingkat pertisipasi masyarakat dalam pemilu lalu lebih dari 80 persen. Saya ucapkan terimakaih kepada Forkopimda, tokoh agama, pihak parpol dan lain-lain karena hingga saat ini Kota Blitar dalam kondisi kondusif,” katanya.

Lebih lanjut Wikandrio memyampaikan, meski banyak hoax, tetapi berkat kesatuan yang kuat di Kota Blitar tetap aman dan kondusif. Bahkan berbagai rangkaian kegiatan lain diluar Pemilu tetap berjalan dengan baik.

Ditandaskannya, pada pemilu memang banyak perbedaan pilihan, karena inilah wujud demokrasi. Tetapi yang perlu diingat warga Kota Blitar, pasca pemilu semua harus tetap bersatu dan bekerja sesuai bidangnya masing-masing dengan kondusif. Yang penting lagi, harus senantiasa mentaati aturan dan berbagai kesepakatan yang dibuat bersama.

“Memang kebebasan berpendapat, namun disisi lain harus ada tanggungjawab sosial agar kebebasan demokrasi tidak bertentangan dengan kebebasan demokraai orang lain,” tandasnya.

Wikandrio berpesan, warga masyarakat harus menolak adu domba, provokasi, serta konflik sosial, agar kondusifitas Kota Blitar tetap terjaga. Semua harus komitmen bersama-sama mematuhi peraturan perundang-undangan.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesatuan Bangsa Kesbangpol dan PDB Kota Blitar, Suskandiati mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah mengajak masyarakat Kota Blitar, khususnya kaum millenial untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa demi keutuhan NKRI. Arahan kepada kaum millenial ini disampaikan langsung oleh tiga narasumber, yakni dari Polres Blitar Kota, Kodim, dan pengurus FBK.

“Melihat kondisi saat ini dimedia sosial banyak terjadi perselisihan. Sehingga masyarakat kaum millenial yang mudah emosi dan terpengaruh diberikan penerapan nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan,” ujar Suskandiati.

Suskandiati menambahkan, setelah mengikuti kegiatan tersebut, diharapkan kaum millenial bisa menerapkan pesan yang disampaikan narasumber. Karena hal itu untuk menjaga kesatuan dan persatuan khususnya di Kota Blitar. (Fajar AT/hms)

Sembilan Pencuri Kayu Lari Tunggang Langgang, Dua Berhasil Ditangkap Polhut
Belasan SMP Negeri Jalur Zonasi di Blitar Tak Penuhi Pagu
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.