Warga RT. 05 RW. 04 Lingkungan Sawahan Kelurahan Satrian Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar, menggelar aksi kerja bakti mengecor ribuan jalan berlubang,

BERITABLITAR.COM  – Warga RT. 05 RW. 04 Lingkungan Sawahan Kelurahan Satrian Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar, menggelar aksi kerja bakti mengecor ribuan jalan berlubang, Minggu (05/05/2019). Karana banyaknya lubang, warga menyebut daerah tersebut sebagai Wisata Jeglongan Sewu. Kerja bakti yang dimulai sekitar pukul 14.30 ini menggunakan dana swadaya masyarakat setempat.

Mereka (warga) melakukan aksi ini, lantaran merasa kecewa dengan Pemerintah Kabupaten Blitar, akibat jalan yang sejak 2 tahun terakhir dibiarkan rusak, dan banyak lubang menganga di sana sini, tidak mendapatkan respon dari pihak pemerintah setempat dan dinas terkait. Bahkan warga mengaku akibat lubang tersebut terjadi kecelakaan hingga meninggal dunia.

Ketua RT. 05 RW. 04 Lingkungan Sawahan Kelurahan Satrian Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar, Sariman mengatakan, jika pihaknya sudah pernah melaporkan kepada pihak terkait, namun hingga kini belum mendapat perhatian.

“Kami sudah melaporkan kerusakan jalan ini beberapa tahun lalu melalui pemerintah desa, namun belum ada tanggapan,” kata Sariman di sela-sela kerja bakti.

Lebih lanjut Sariman menyampaikan, akibat banyaknya jalan berlobang ini, warga Kelurahan Pandanarum Kecamatan Sutojayan menjadi korban akibat terjerembab lubang jalan hingga meninggal dunia. Sehingga warga berinisiatif untuk mengecor jalan berlubang tersebut dengan dana swadaya.

“Kasihan, akibat jalan berlubang ini, ada warga yang meningal. Karena tidak ada perhatian dari Pemkab Blitar, makanya warga kerja bakti menutup lubang tersebut dengan cara mengecor,” jelasnya.

Sariman berharap, agar Pemerintah Kabupaten Blitar dan pihak dinas terkait segera memperbaiki jalan penuh lubang ini. Karena jalan ini merupakan jalur alternatif dan jalur ekonomi penghubung Kabupaten Blitar dan Kota Blitar.

“Kami sangat berharap Pemkab Blitar agar segera memperbaik jalan ini, agar tidak terjadi kecelakaan apalagi mengakibatkan korban jiwa,” tandasnya.

Pantauan di lapangan, selain melaksanakan kerja bakti pengecoran lubang jalan, warga setempat juga memasang spanduk yg bertuliskan “Hati-Hati Dan Waspada Anda Melewati Wisata Maut Jeglongan Sewu”.

Sementara Henri, warga sekitar sangat menyayangkan hal ini, mengingat keberadaan jalan tersebut sangat penting sebagai pendukung ekonomi bagi masyarakat Blitar Kabupaten dan Kota. Bahkan, yang lebih ironis keberadaan jalan tersebut tepat berada di belakang kantor Pemkab Blitar.

“Kami sudah beberapa kali mengadu kerusakan jalan ini pada pihak kelurahan dan kecamatan). Namun hingga saat ini tidak ada respon dari pihak-pihak terkait,” ujarnya.

Terkait aksi warga RT. 05 RW. 04 Lingkungan Sawahan Kelurahan Satrian Kecamatan Kanigoro ini, pihak Dinas Pekerjaan Umum da Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Blitar, hingga kini belum bisa dikonfirmasi. (Fajar AT)

Bupati Blitar Serahkan Adminduk Hasil Layanan Online Kepada Masyarakat
Hakim PN Blitar Vonis M. Trijanto Enam Bulan Penjara
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.