Kasi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Muji Astuti

BERITABLITAR.COM – Tahun 2019 ini, Pemerintah Pusat telah menargetkan bebas pasung. Didasari hal tersebut, berbagai daerah hingga saat ini gencar melakukan upaya pembebasan pasung, termasuk di Kabupaten Blitar.

Kasi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Muji Astuti mengatakan, berdasarkan catatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, memasuki akhir April 2019, jumlah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGK) terpasung masih mencapai 18 orang.

“Sampai saat ini masih ada 18 ODGJ yang terpasung. Namun kita pastikan akan terus berupaya untuk mencapai target bebas pasung tahun iji,” kata Muji Astuti, Kamis (25/04/2019).

Lebih lanjut Muji menjelaskan, di awal 2019 ODGJ terpasung di Kabupaten Blitar masih 21 orang. Kemudian pihaknya telah membebaskan 4 ODGJ terpasung yang tersebar dibeberapa daerah, yaitu Wonotirto dan Wonodadi. Sehingga setelah itu jumlah ODGJ terpasung menjadi 17 orang.

“Kita terus mendata ODGJ terpasung di Kabupaten Blitar. Pekan lalu, ada laporan satu ODGJ terpasung diwilayah Wonotirto. Jadi saat ini jumlah ODGJ terpasung yang harus segera kita lepaskan ada 18 orang,” jelas Muji.

Ditambahkannya, ODGJ dikatakan terpasung tidak hanya mereka yang terikat tali maupun lainnya. Namun mereka yang dikurung dikamar atau ruangan khusus juga sudah dikategorikam terpasung.

“Semoga sebelum akhor 2019, semua ODGJ terpasung bisa bebas. Kita tentu tak lepas dari peran masyarakat sekitar serta pihak keluarga untuk membebaskannya,” pungkasnya. (Fajar AT)

Diduga Kelelhan Bekerja, Empat Petugas Pemilu 2019 di Blitar Meninggal Dunia
Bayi Baru Lahir Ditemukan Meninggal Kamar, Ibu Bayi Diduga Alami Stres
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.