Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Kemenag meninjau sejumlah sekolah penyelenggara Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP/ MTs dan Ujian Sekolah Bersandar Nasional (USBN) SD/ MI

BERITABLITAR.COM – Mulai 22 April hingga 25 April 2019, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP/ MTs dan Ujian Sekolah Bersandar Nasional (USBN) SD/ MI digelar serentak.

Pelaksanaan di hari pertama UNBK dan ASBN ini, Bupati Blitar Drs H Rijanto MM dengan didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Kemenag meninjau sejumlah sekolah penyelenggara ujian.

Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM usai melakukan peninjauan mengatakan, pelaksaan UNBK dan USBN di Kbupaten Blitar semuanya berjalan lancar. Bahkan tidak ada yang absen.

“Kita tadi meninjau di daerah Sanankulon, seperti di SMP Negeri Sanankulon, SD Purworejo, dan MTsN 6 Sumberjo Sanankulon. Semoga semua siswa bisa mengerjakan soal dengan baik,” kata Rijanto, Senin (22/04/2019).

Lebih lanjut Bupati Blitar menyampaikan, sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Blitar untuk mensejahterakan masyarakat, satu diantaranya melalui pendidikan. Diharapkan melalui proses ujian ini, kedepan pendidikan di Kabupaten Blitar bisa semakin maju, baik untuk sekolah negeri, swasta maupun madrasah.

“Pendidikan mempunyai daya saing luar biasa. Untuk itu selain ingin mensejahterakan masyarakat, tentunya dalam kondisi saat ini, lewat pendidikan nantinya kita bisa melewati persaingan itu dengan baik,” jelas Bupati.

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini mengaku, jika pelaksaan UNBK SMP/ MTs masih ada beberapa sekolah yang menunmpang, dalam arti mereka harus bergabung kesekolah lain karena belum mempunyai sarana dan prasarana yang lengkap untuk menyelenggarakan UNBK secara mandiri.

“Mengingat kebutuhannya juga besar, maka kita tetap berusaha memenuhinya tiap tahun. Untuk itu kita harus lakukan secara bertahap,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Budi Kusumarjaka menjelaskan, jumlah peserta UNBK SMP sebanyak 10.816 siswa dari 102 lembaga. Peserta laki-laki sebanyak 5.577, sedangkan perempuan 5.239.

“Untuk tingkat SMP/ MTs dilakukan selama empat hari. Kalau SD/ MI selama tiga hari,” jelas Budi Kusumarjaka.

Di tempat yang sama, Kepala Kemenag Kabupaten Blitar, Suhadi mengatakan, jumlah siswa MTs yang mengikuti UNBK sebanyak 5.160 siswa dari 56 lembaga. Sebanyak 2.411 laki-laki dan 2.749 perempuan.

“Kita berharap semua bisa sukses. Karena kedepan mereka juga sebagai penerus bangsa, apalagi saat ini yang terpenting adalah etika dan akhlak,” jelas Suhadi. (Fajar AT/hms)

Bupati Blitar : Dengan Film Blitar Kawentar, Wisata Blitar Pasti Semakin Dikenal
Polres Blitar Kota Patroli Amankan Penyimpanan Surat Suara Di PPK
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.