Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM memaparkan beberapa persiapan untuk mensukseskan Pemilu 2019 yang telah dilakukan kepada Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa

BERITABLITAR.COM – Menjelang pelaksanaan Pemilu 2019, Gubernur Jawa Timur (Jatim) didampingi Kapolda, Pangdam, Kajati, Forkopimda Jatim, Ketua KPU Jatim, dan Ketua Bawaslu Jatim meninjau persiapan Pemilu 2019 di Blitar, Selasa (16/04/2019).

Kedatangan Gubernur Jatim beserta rombongan di Batalyon 511 sekitar pukul 11.00, langsung disambut Bupati Blitar, Plt Walikota Blitar, serta Forkopimda Blitar. Selanjutnya, rombongan menuju Pendopo Ronggo Hadi Negoro (RHN) untuk mengikuti pemaparan persiapan Pemilu 2019 dari Bupati Blitar.

Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM dalam pemaparannya mengatakan, beberapa persiapan untuk mensukseskan Pemilu 2019 telah dilakukan. Dari segi pengamanan, di Kabupaten Blitar diterjunkan 650 personil TNI, 744 personil Polri, 10.967 personil Linmas, 70 personil Satpol PP, serta 20 personol Damkar.

“Kita juga sudah mengadakan sosilisasi kepada masyarakat, baik pemilih millenial maupun pemilih pemula. Selain itu koordinasi dengan steakholder terkait, yang kita kemas dalam acara coffee morning untuk mengevaluasi persiapan Pemilu 2019,” kata Rijanto.

Lebih lanjut Rijanto menyampaikan, bahkan untuk mengantisipasi adanya money politik, juga sudah dilakukan patroli anti politik uang secara besar-besaran. Pihaknya juga sudah mengadakan pemantauan saat pergeseran logistik serta apel gelar pasukan pengamanan pemilu.

“Siang ini sosialisasi juga kita lakukan dengan ledang agar masyarakat juga berbondong-bondong databng ke TPS.  Kemudian manti malam, kita akan keliling. Dan besok tentunya juga melakukan pemantauan,” jelasnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini menambahkan, target partisipasi pemilih di Kabupaten Blitar mencapai 80 persen. Pihaknya berharap pelaksanaannya berjalan lancar, aman, dan kondusif.

Pada kesempatan yang sama Ketua KPU Kabupaten Blitar, Imron Nafifah juga menyampaikan, bahwa hingga Selasa (16/04/2019) siang penditribusian logistik mencapai 80 – 90 persen. Sedangkan untuk Daerah Pemilihan (Dapil) di Kabupaten Blitar ada 6 Dapil dengan 482 calon legislatif.

“Di Kabupaten Blitar tersedia 50 kursi. Kalau untuk DPT berjumlah 943.840 pemilih,” kata Imron Nafikah.

Sementara itu, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, monitoring ini dilakukan untuk melihat kesiapan dan kesiapsiagaan Pemilu 2019. Beberapa persiapan harus dilakukan secara matang, baik pendistribusian C6 maupun lohistik.

“Yang lagi viral saat ini, waktu pelaksamaan pencoblosan di TPS. Jadi bagi mereka yang sudah mendaftar atau mengisi C7, maka harus dilayani meskipum melebihi pukul 13.00,” kata Khofifah Indar Parawansa.

Koordinasi antara KPU dan Bawaslu, lanjut Khofifah, harus terus dilakukan dengan baik. Selain itu, Pemilu yang dilaksanakan ditingkat Provinsi, Kabupaten/ Kota juga terjalin dengan baik. Sehingga kemunikasi bisa dilakukan dengan lebih sistemik, cepat, dan quick respon bisa segera dilakukan. (Fajar AT/Hms)

Dampingi Wagub Jatim, Bupati Blitar Tinjau Pelaksanaan Pemilu 2019
Pembangunan RS Srengat Tak Penuhi Target, Masih Capai 40 Persen
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.